Wednesday, March 27, 2024
Home > BERITA > Intip Kelebihan Serta Langkah Pengajuan Kartu Kredit yang Benar!

Intip Kelebihan Serta Langkah Pengajuan Kartu Kredit yang Benar!

pengajuan kartu kredit

Kartu kredit merupakan sebuah alat pembayaran yang bisa menggantikan uang fisik, untuk berbagai keperluan transaksi. Tak heran jika sekarang sudah semakin banyak orang yang tertarik tentang pengajuan kartu kredit ini, agar bisa segera bisa memilikinya. 

Selain bisa digunakan sebagai pengganti uang fisik sebagai alat transaksi, kelebihan utama yang ditawarkan dari kepemilikan kartu kredit ini tentunya adalah, bisa lebih membuat aktivitas transaksi menjadi lebih mudah dan juga simpel. 

Tanpa perlu selalu bawa uang yang akan memenuhi dompet, tinggal gesekan kartu ajaib ini untuk segala aktivitas transaksi Anda kapanpun dan dimanapun. Baik itu untuk keperluan belanja, makan di restoran tertentu, dan lain sebagainya. 

Pun demikian bila Anda sedang tidak punya uang sepeserpun, maka bisa melakukan aktivitas transaksi pembayaran dengan menggunakan kartu kredit ini. 

Pasalnya sistem dari kartu kredit ini adalah, segala bentuk pembayaran yang dilakukan akan ditalangi dulu oleh pihak penerbit kartu. 

pengajuan kartu kredit

Langkah-Langkah Mengajukan Kartu Kredit

Secara umum, langkah-langkah pengajuan kartu kredit ini biasanya adalah sebagai berikut: 

  • Memilih Lembaga atau Bank Penerbit Kartu Kredit

Pertama, Anda harus memutuskan dulu sebuah lembaga atau bank yang menerbitkan kartu kredit ini, yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pribadi. 

Pasalnya berbagai penerbit kartu kredit ini, menawarkan produk kartu kreditnya dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

  • Mempersiapkan Persyaratannya

Sebelum mengajukan kartu kredit, setidaknya Anda juga sudah mempersiapkan berbagai dokumen persyaratan yang dibutuhkan. 

Seperti diantaranya KTP, bukti penghasilan (slip gaji, laporan keuangan, dl), dan juga rekening koran 3 bulan terakhir. 

  • Mengisi Formulir Pengajuan Aplikasi Kartu Kredit

Setelah berbagai dokumen persyaratan sudah dilengkapi, maka selanjutnya Anda tinggal mengisi formulir pengajuan kartu kreditnya. 

Untuk bisa mendapatkan formulirnya sendiri, Anda bisa memintanya ke lembaga atau Bank penerbit kartu kreditnya. 

Isilah formulirnya dengan data selengkap-lengkapnya dan juga dipastikan akurat informasi yang diberikan. Setelah terisi, periksa kembali tulisan Anda untuk mengantisipasi kesalahan penulisan data. 

  • Menyerahkan Formulir Pengajuan Aplikasi Kredit

Bila formulir sudah diisi dengan baik dan benar, selanjutnya Anda tinggal memberikan formulir pengajuan kepada pihak penerbit kartunya. 

Ikuti dengan baik instruksi yang diberikan, dan pastikan dokumen persyaratan sudah disertakan semua tanpa ada kekurangan apapun. 

  • Menunggu Persetujuan Penerbitan Kartu Kredit

Untuk bisa segera memiliki kartu kredit, biasanya akan memakan waktu selama beberapa hari atau bahkan bisa berminggu-minggu.

Akan berbeda-beda masa tunggu penerbitan kartu kreditnya, tergantung dari kebijakan dan proses internal dari pihak penerbit kartu. 

Adanya proses ini karena pihak penerbit kartu akan mengevaluasi kelayakan formulir pengajuan kartu kredit yang sudah masuk, agar kartu kredit yang diberikan bisa digunakan dengan baik sebagaimana mestinya. 

  • Proses Aktivasi Kartu

Bila aplikasi pengajuan kartu kreditnya sudah disetujui, maka Anda akan segera mendapatkan kartu fisik nya, yang bisa diambil langsung di kantor cabang bank, ataupun ada juga yang dikirim via pos. 

Setelah kartu fisik sudah ada di tangan, maka Anda harus segera melakukan aktivasi kartu dengan mengikuti petunjuk yang akan diberikan. 

Umumnya, proses aktivasi kartu kredit ini akan melibatkan pembuatan PIN dan juga verifikasi identitas dari pemilik kartu. 

Itulah sedikit ulasan mengenai kelebihan serta cara pengajuan kartu kredit yang harus Anda ketahui, bilamana sudah berencana untuk memiliki kartu ajaib ini. 

Walaupun Anda masih kebingungan dalam memilih bank penerbit kartu kredit yang bisa dipercaya dan dapat diandalkan setiap saat, maka bisa memilih dari Bank Sinarmas.  

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *