Thursday, April 11, 2024
Home > BISNIS > Cara Mengajarkan Anak Menulis Usia Pra-Sekolah

Cara Mengajarkan Anak Menulis Usia Pra-Sekolah

usia anak pra sekolah

Perkembangan anak usia 3 tahun sudah sangat terlihat jelas baik dari segi fisiknya maupun segi kemampuannya. Anak dengan usia tiga tahun bukan hanya terlihat tinggi dan berat badannya semakin bertambah tetapi juga kemampuan motoriknya semakin tertata dengan baik. anak sudah mulai ingin makan dengan tangan sendirinya, mandi dan gosok gigi sendiri, dan berbagai hal lainnya.

Hal tersebut tentunya harus didukung agar anak semakin bisa mengeksplor kemampuannya namun jangan lupa untuk didampingi demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. anak usia 3 tahun sudah termasuk ke dalam usia anak pra sekolah dimana anak sudah memiliki keinginan memegang dan menulis seperti yang sering melihat ketika ibu atau kakaknya menulis.

usia anak pra sekolah
Usia anak pra sekolah

Dalam hal ini juga ibu bisa mendampingi anak untuk belajar menulis, namun bukan berarti formal menulis seperti pada umumnya di sekolah, ajarkan anak menulis berbagai macam gambar atau coretan-coretan setidaknya semakin anak sering menulis maka ia akan terbiasa memegang pensil dengan biasa. Perlu bunda ketahui bahwa ketika mengajarkan anak menulis haruslah menyenangkan selain itu jika memang anak sedang tidak mau belajar menulis maka jangan memaksakannya sebab anak selalu tidak nyaman melakukan berbagai macam hal jika ida memang tidak mood untuk melakukannya. 

Ada beberapa cara mengajarkan anak menulis di usia anak pra sekolah diantaranya yaitu sebagai berikut ini.

  • Menebalkan bentuk gambar

Bunda bisa mengajarkan anak menulis dimulai dengan menebalkan bentuk gambar sesuai gambar kesukaannya misalnya gambar boneka, hewan dan lain-lain ini akan membuat anak menyenangkan sekaligus memberikan pelajaran anak untuk belajar menulis. 

  • Perangkaian garis putus-putus

Selanjutnya cara untuk mengajarkan anak menulis yaitu perangkaian garis-garis yang terputus-putus, mungkin ini sedikit susah dibandingkan dengan menebalkan huruf dimana anak harus bisa menyatukan antar garis dengan garis.

Dua cara diatas menjadi trik jitu dalam mengajarkan anak di usia pra sekolah, selain itu untuk membantu kemampuan motoriknya semakin berkembang dengan baik maka bunda bisa memberikan susu dancow. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *