Thursday, April 18, 2024
Home > BISNIS > Tidak Banyak yang Tahu! Berikut Cara Memastikan Keaslian Anting Berlian Asli

Tidak Banyak yang Tahu! Berikut Cara Memastikan Keaslian Anting Berlian Asli

Anting berlian asli

Salah satu jenis perhiasan yang banyak diincar oleh banyak orang sebagai bahan investasi adalah anting berlian asli. Namun kenyataanya, masih sedikit sekali orang yang bisa mengenali keaslian akan berliannya itu sendiri. Apalagi ditambah di era yang sudah serba canggih ini, terdapat banyak cara untuk memalsukan perhiasan yang terbuat dari berlian ini. Sehingga dengan demikian, Anda harus ekstra waspada ketika akan membeli perhiasan dari berlian ini, apalagi untuk pertama kalinya. 

Cara Memastikan Keaslian dari Anting Berlian

Adapun berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk memastikan anting berlian asli ini, diantaranya adalah sebagai berikut: 

  • Gunakan Loupe atau Mikroskop

Pertama, cara memastikan keaslian sebuah anting berlian nyatanya bisa dengan menggunakan alat loupe ataupun mikroskop, untuk melihat detail pada berliannya. 

Melalui alat tersebut, Anda bisa melihat apakah terdapat retakan atau goresan pada berliannya atau tidak? Jika tidak terdapat kecacatan yang tidak terlalu signifikan, maka besar kemungkinan berliannya adalah yang asli. 

Anting berlian asli
Anting berlian asli
  • Lakukan Pengujian dengan Menggunakan Sinar Ultraviolet

Untuk mengenali anting berlian asli bisa juga dengan melakukan uji sinar ultraviolet. Yang mana berlian asli tidak akan memancarkan cahaya atau fluoresensi, yang bisa terlihat dalam sinar ultraviolet. 

Sebaliknya berlian palsu akan memancarkan cahaya atau fluoresensi ini, ketika dilakukan pengujian dengan menggunakan sinar ultraviolet. 

  • Masukan Kedalam Wadah Berisikan Air

Salah satu ciri dari berlian asli adalah memiliki berat yang sangat tinggi. Sehingga dengan demikian, untuk memastikan keaslian dari berliannya bisa dengan menggunakan cara pengujian berat jenis.

Caranya, masukan berlian kedalam sebuah wadah yang berisikan air lalu lihat apa yang terjadi setelahnya. Jika berlian tersebut langsung tenggelam ke dasar wadah, maka bisa dipastikan bahwa berliannya adalah yang asli.

  • Lakukan Tes Uji Panas

Berlian juga merupakan salah satu batuan yang tahan akan suhu panas, mengingat asalnya sendiri adalah dari lapisan terdalam gunung berapi. 

Dan untuk memastikan keaslian berliannya sendiri, tentunya Anda bisa lakukan dengan cara melakukan memanaskan berliannya dengan menggunakan api. 

Jika didapati batu berliannya mudah retak atau cepat panas ketika diletakkan di bawah api, maka kemungkinan besar berlian tersebut adalah yang palsu.

  • Cek Dengan Sertifikat GIA

Sertifikat GIA (Gemological Institute of America) ini sendiri merupakan sebuah sertifikat internasional, yang bisa memastikan keaslian dari sebuah perhiasan berlian. 

Yang mana dalam sertifikat ini, terdapat berbagai informasi atau rincian dari perhiasan berliannya itu sendiri. 

Anda bisa mengetahui mengenai jenis potongan pada berlian, berat berlian, warna yang ditampilkan berlian, dan juga tingkat kejernihan yang dihasilkan oleh berliannya, melalui sertifikat ini. 

Jadi jika misalkan Anda membeli perhiasan berlian yang sudah dilengkapi dengan sertifikat GIA nya, maka bisa dipastikan bahwa perhiasan berlian yang dijual adalah benar-benar yang asli. 

Dan itulah berbagai ulasan mengenai cara mengenali anting berlian asli atau palsu yang bisa Anda lakukan. Setidaknya, dengan mengenali anting berlian yang asli ini, bisa membuat Anda terhindar dari segala bentuk penipuan terkait perhiasan. 

Sebagai salah satu jaminan agar Anda bisa mendapatkan perhiasan anting berlian yang sudah dijamin akan kualitas serta keasliannya, maka bisa dengan memilih membelinya hanya di toko perhiasan yang sudah terpercaya. 

Adapun salah satu toko perhiasan yang berani kami rekomendasikan untuk Anda yaitu, The Palace Jeweler yang menawarkan berbagai koleksi perhiasan berlian yang terbaik di dalam negeri ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *