Saturday, April 27, 2024
Home > BISNIS > Inilah Beberapa Keunggulan dari Investasi Syariah

Inilah Beberapa Keunggulan dari Investasi Syariah

Investasi Syariah

Investasi kini menjadi salah satu hal yang penting dilakukan oleh semua orang untuk mempersiapkan keuangan yang lebih stabil di masa depan. Namun sayangnya banyak umat muslim yang ragu melakukan investasi karena keuntungan yang didapatkan termasuk riba. Adanya investasi syariah menjadi solusi bagi Anda yang ingin mempersiapkan finansial di masa datang dengan cara yang halal di mata Islam. Berikut ini adalah berbagai keunggulan dari investasi berbasis syariah yang harus Anda ketahui:

Sesuai dengan Syariat Islam

Sesuai dengan namanya, produk investasi ini memang diperuntukkan bagi mereka yang beragama muslim sehingga investasi berjalan sesuai dengan syariat agama Islam. Seluruh proses yang ada di dalam transaksi mengikuti ajaran yang ada di Al Quran dan Hadist. Jadi ketentuan yang diberikan juga sesuai ajaran Islam, misalnya dikerjakan dengan cara halal, barang halal, serta digunakan untuk hal yang halal.

Investasi Syariah
Investasi Syariah

Bebas dari Riba yang Diharamkan

Riba merupakan hal yang paling ditakuti muslim karena termasuk dosa besar. Jadi banyak muslim yang tidak berinvestasi karena takut keuntungan yang didapatkan termasuk riba. Anda tidak perlu khawatir dengan investasi syariah karena tidak termasuk riba. Pasalnya, seluruh proses transaksi dilakukan sesuai syariat Islam.

Lebih Aman

Memilih investasi berbasis syariah tentu saja lebih aman dibandingkan dengan investasi jenis lainnya. Pasalnya, investasi jenis ini melarang pemberian informasi yang kurang lengkap atau dalam Islam disebut Gharar. Padahal banyak juga yang melakukan Gharar untuk menyesatkan calon investor demi keuntungannya. 

Selain Gharar, investasi berbasis syariah juga menjauhi hal yang bersifat maysir atau mengandung unsur judi/taruhan. Tentu saja investasi mengandung unsur maysir ini akan menguntungkan salah satu pihak dan merugikan pihak lainnya sehingga termasuk haram.

Itulah beberapa keunggulan dari investasi syariah yang harus Anda ketahui. Bagaimana, apakah Anda berminat untuk mulai berinvestasi secara halal? Bank Danamon menyediakan produk investasi berbasis syariah yang bisa Anda pilih. Pembiayaan investasi syariah dari Bank Danamon ini menggunakan alternatif pembiayaan berupa skema jual beli dan skema leasing syariah. Lebih lengkapnya bisa Anda lihat sendiri di website Bank Danamon yaitu www.danamon.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *