Tuesday, May 18, 2021
Home > BISNIS > Kelebihan Mengikuti Program Ekstensi D3 ke S1 untuk Anda yang Sudah Bekerja

Kelebihan Mengikuti Program Ekstensi D3 ke S1 untuk Anda yang Sudah Bekerja

ekstensi d3 ke s1

Diploma 3 atau D3 merupakan salah satu jenjang pendidikan tinggi dengan gelar Ahli Madya. Masa studi D3 ditempuh dalam waktu kurang lebih 6 semester atau 3 tahun. Mereka yang lulus D3 biasanya bisa bekerja di sebuah perusahaan dengan posisi sesuai jurusan kuliahnya. Namun ternyata, banyak pekerja yang merasa bahwa gelar Ahli Madya saja tidak cukup untuk mengikuti ketatnya persaingan kerja.

Banyak perusahaan yang mengharuskan karyawannya memiliki kualifikasi Sarjana. Program ekstensi D3 ke S1 mungkin bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang ingin memiliki gelar Sarjana. Ada berbagai kelebihan dari program ini yang mungkin membuat Anda semakin yakin untuk memilihnya. Penasaran apa saja kelebihannya? Berikut pembahasannya:

Bisa Meningkatkan Karir

ekstensi d3 ke s1
ekstensi d3 ke s1

Meskipun saat ini sudah bekerja, bukan berarti Anda bisa tenang saja. Posisi yang Anda miliki bisa kapan saja diambil alih oleh orang lain yang memenuhi kualifikasi. Pasalnya kebanyakan perusahaan saat ini mengharuskan karyawan memiliki gelar Sarjana untuk naik jabatan. Jadi mau tidak mau Anda harus mengambil kuliah S1 jika ingin meningkatkan karir di dunia kerja.

Memiliki Ilmu Praktek dan Ilmu Teori

Bobot materi perkuliahan merupakan perbedaan mendasar antara kuliah S1 dan D3. Program D3 biasanya memberikan lebih banyak praktek, sedangkan program S1 lebih banyak memberikan teori-teori. Anda yang mengikuti program ekstensi D3 ke S1 memiliki kelebihan karena bisa mendapatkan banyak praktek dan teori sekaligus. Hal tersebut tidak akan didapatkan oleh lulusan S1 saja.

Masa Tempuh Lebih Singkat

Kuliah S1 pada umumnya ditempuh dalam jangka waktu 8 semester atau 4 tahun. Jika Anda memilih untuk kuliah kembali dan mendapatkan dua gelar yaitu Ahli Madya dan Sarjana maka Anda harus kuliah lagi selama 4 tahun. Berbeda dengan program ekstensi, Anda bisa melanjutkan kuliah sebelumnya sehingga waktu tempuh lebih singkat. Biasanya waktu tempuh program ekstensi sekitar 2 tahun.

Mata Kuliah Lebih Sedikit

Anda tidak perlu mengulang kembali mata kuliah yang diajarkan pada saat menempuh pendidikan D3. Oleh sebab itu, mata kuliah yang didapatkan nantinya juga lebih sedikit. Inilah juga yang menjadi alasan mengapa masa tempuh pendidikan ekstensi lebih cepat.

Program Ekstensi di IDS Digital College

Tidak semua kampus di Indonesia menyediakan program ekstensi D3 ke S1. Jadi Anda harus cermat memilih mana saja universitas dan institusi pendidikan tinggi yang menyediakannya. Jika tertarik untuk memiliki gelar Sarjana di bidang ilmu komputer melalui program ekstensi, Anda bisa memilih IDS Digital College. Institusi yang juga dikenal dengan nama STMIK Indo Daya Suvana ini menghadirkan tiga program studi yaitu Cyber Security, Software Engineering, dan Mobile Applications & Game Development.

IDS Digital College menerapkan kurikulum berstandar internasional. Jadi lulusannya tidak hanya mampu bersaing secara nasional saja namun juga secara internasional. Apalagi saat ini teknologi semakin maju sehingga Anda harus memiliki skill lebih untuk bersaing secara global. Keunggulan lain dari program ini adalah sistem pembelajaran real world project dengan pengajar yang kompeten. Dengan sistem tersebut, pengajar akan memberikan tugas kuliah sesuai kondisi industri teknologi dan informasi saat ini.

Tidak hanya jurusan yang sama saja, Anda yang memiliki jurusan D3 berbeda juga bisa memilih program ini. Namun perbedaannya, Anda harus mengambil mata kuliah yang lebih banyak dibandingkan mereka yang memiliki jurusan D3 sama. Jadi waktu tempuh pendidikan ekstensi akan lebih lama. Lebih lengkap dan jelasnya mengenai program ekstensi dari IDS Digital College bisa Anda lihat di website ids.ac.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *