Friday, July 12, 2024
Home > BISNIS > Mengenal Proses Pasteurisasi Pada Susu Sapi

Mengenal Proses Pasteurisasi Pada Susu Sapi

Susu sapi segar yang Anda beli di pasaran sebenarnya adalah susu yang sudah mengalami proses pemanasan yang dikenal dengan istilah pasteurisasi. Proses pemanasan ini berbeda dengan ultra high temperature. Pemanasan pada ultra high temperature memakai suhu yang sangat tinggi, sedangkan pada proses ini tidak begitu tinggi. Untuk lebih mengenal proses pemanasan ini, simak sampai selesai!

Proses Pasteurisasi

Kandungan yang ada di dalam susu segar bisa mengalami kerusakan akibat mikroba, kuman, atau mikroorganisme lainnya. Susu yang sudah terkontaminasi mikroba lebih mudah basi dan tidak layak konsumsi. Oleh sebab itu, ada proses pemanasan dilakukan untuk membunuh bakteri maupun mikroba yang terkandung dalam susu.

Ultra high temperature menggunakan suhu yang sangat tinggi, sedangkan pasteurisasi hanya menggunakan suhu di bawah 100 derajat. Pemanasan yang dilakukan tidak membuat kandungan yang ada di dalam susu menjadi hilang. Kelebihan lainnya yaitu susu bisa bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Jenis-Jenisnya

Berikut ini adalah beberapa jenis-jenisnya yang perlu Anda ketahui:

1. HTST (High Temperature, Short Time)

Jenis yang pertama yaitu HTST dengan temperatur tinggi dan waktu singkat. Biasanya, suhunya hingga 72 derajat Celcius selama kurang lebih 15 detik. Banyak perusahaan susu yang menggunakan metode HTST karena susu bisa bertahan sampai dengan 2-3 minggu di suhu kulkas. 

2. LTLT (Low Temperature, Long Time)

Jenis selanjutnya yaitu LTLT dengan suhu rendah dan waktu lebih panjang. Prosesnya dilakukan dengan suhu 65 derajat Celcius selama kurang lebih 30 menit. Sangat jauh lebih lama daripada proses HTST. Karena lamanya waktu tersebut, jarang ada perusahaan yang memakai metode ini.

3. Ultra Pasteurization

Jenis yang terakhir yaitu ultra pasteurization yang menggunakan suhu sangat tinggi. Bahkan bisa lebih tinggi daripada suhu susu UHT. Suhunya sekitar 138 derajat Celcius dalam waktu hanya 2 detik saja. Terkadang susu dengan proses pemanasan ultra pasteurization tidak lagi disebut susu segar karena waktu tahannya sampai 2-3 bulan.

Itulah pembahasan mengenai proses pasteurisasi pada susu sapi segar. Anda mencari susu sapi yang melalui proses ini? Greenfields Fresh Milk merupakan pilihan terbaik. Ada banyak pilihan varian seperti extra fresh, low fat, skimmed, dan lain sebagainya. Rasanya lezat, asli, dan murni. Yuk, beli Greenfields Fresh Milk sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *