Saturday, April 20, 2024
Home > BISNIS > Tips Untuk Mengatasi Jenis Kulit Berminyak

Tips Untuk Mengatasi Jenis Kulit Berminyak

Jenis kulit

Salah satu penyebab kulit berminyak adalah produksi sebum yang berlebih. Jenis kulit ini memiliki ciri-ciri wajah terlihat licin, berminyak, kulit menjadi kusam, timbul komedo hingga jerawat. Penanganannya pun tidak bisa sembarangan dan membutuhkan perhatian khusus. Jika terlalu berlebih dalam penanganannya, malah menyebabkan kulit menjadi sebaliknya. Kering dan kehilangan kelembabannya.

Untuk mengatasi jenis kulit ini, ada beberapa cara bisa kamu lakukan, yaitu:

Jenis kulit
Jenis kulit

source: https://www.cetaphil.co.id/sites/g/files/jcdfhc456/files/styles/skin_health_images/public/ID_Mengenali%20Jenis%20Kulit_Header.jpg?itok=C_WNVyDQ

 

Rutin mencuci muka

Salah satu cara sederhana ini memang menjadi keharusan untuk dilakukan bagi mereka yang memiliki kulit berminyak. Cuci lah wajah sebanyak dua kali dalam sehari secara rutin, pagi dan sore hari. Sebaiknya hindari produk pencuci wajah yang mengandung formula yang terlalu strong dan memiliki wewangian. Kamu bisa menggunakan Cetaphil Gentle Skin Cleanser yang diformulasikan untuk mengatasi kulit berminyak.

Mengeringkan wajah

Setelah kamu melakukan pencucian wajah, keringan dengan cara menepuk-nepuk kulit. Gunakan handuk dengan bahan lembut saat melakukannya.

Hindari gerakan menarik permukaan kulit saat membersihkan wajah. Jangan gunakan handuk dengan bahan kasar, karena bisa mendorong kulit untuk menghasilkan lebih banyak sebum yang menyebabkan kulit berminyak.

Menggunakan toner

Toner bisa digunakan untuk mengatasi kulit berminyak. Kamu bisa menggunakan toner yang mengandung alkohol untuk mengatasi sebum yang berlebih. Sifat alkohol memberikan efek kering pada kulit, karena itu bagus digunakan untuk tipe kulit ini. Hanya saja jangan terlalu berlebihan saat menggunakannya.

Menggunakan moisturizer

Meskipun kulit jenis ini memiliki kelebihan minyak, bukan berarti tidak membutuhkan moisturizer. Kulit tetap membutuhkan kelembaban. Hanya saja, sebaiknya kamu memilih produk yang lebih ringan dan kandungan air.

Menggunakan sunscreen

Penggunaan sunscreen sangat dibutuhkan untuk jenis kulit apapun. Hal ini tentu saja menghindarkan kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Hanya saja, kamu mesti pintar memilih produk yang tepat. Sebaiknya gunakan produk bebas minyak dan tidak mengandung wewangian.

Gunakan kertas minyak

Saat minyak berlebih mulai terjadi di wajah, kamu bisa mengatasinya dengan kertas minyak. Cara sederhana untuk menyerap minyak yang  mulai timbul di wajah.

Hal yang tidak kalah penting untuk mengatasi jenis kulit berminyak adalah menerapkan pola hidup sehat, baik gaya hidup dan juga pola makan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *