Tuesday, August 4, 2020
Home > BISNIS > Ini Dia Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan 

Ini Dia Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan 

mengatasi anak susah makan

Yang namanya anak sulit makan tentu membuat orang tua merasa khawatir dan jengkel. Apalagi, jika dikaitkan dengan kebutuhan nutrisi dan gizi bagi tumbuh kembangnya. Dan salah satu jenis bahan makanan yang sepertinya tidak disukai banyak anak adalah sayur. Padahal, kandungan gizinya cukup tinggi apalagi mengandung serat yang bagus untuk sistem pencernaan. 

Lantas, cara apa yang harus dilakukan guna mengatasi anak susah makan khususnya sayuran?. Satu hal yang bunda perlu ketahui adalah jangan pernah memaksa atau memarahi si kecil karena justru akan membuatnya merasa enggan untuk menghabiskannya.

mengatasi anak susah makan
Mengatasi anak susah makan

 

Bahkan, bisa saja rasa trauma ini akan dibawa hingga mereka dewasa kelak. Satu hal yang tidak diinginkan bukan?. Untuk itu, sebagai langkah sederhana adalah mengenalkan jenis sayuran ini sejak mereka mulai MPASI atau sekitar usia  6 bulan. Dengan mengenalkan aneka sayuran akan membuatnya tidak merasa asing lagi untuk makan sayur.

Satu lagi, sajikan sayuran dalam berbagai jenis atau dalam artian sayuran tersebut harus bervariasi setiap harinya guna mencegah si kecil merasa bosan. Terkadang, dalam mengatasi anak susah makan sayuran dibutuhkan kreatifitas dari bunda. Misalnya saja memotong kecil kecil atau mencincang halus sayuran yang ada agar si kecil bisa melihatnya dengan mudah.

Atau, bisa juga dengan menambahkan bahan lain seperti telur, tepung bakwan digoreng layaknya ikan. Yang penting, usahakan agar si kecil benar benar menyukai sayuran yang dihidangkan. Biasanya, untuk jenis sayuran ini memiliki rasa kurang manis, akan tetapi jika jenis sayuran yang digunakan benar benar cocok di lidah mereka maka bunda hanya perlu mengukusnya.

Menurut para ahli, kebiasaan si kecil dapat terbentuk dari pola yang diberikan oleh orang tuanya. Nah, bunda bisa mengajarkan bagaimana menyantap sayuran dengan lahap saat makan bersama misalnya. Bahkan, bunda bisa menjadi contoh langsung buat si kecil untuk makan aneka jenis sayuran yang dihidangkan.

Bagaimana, tidak sulit bukan? Yang terpenting disini adalah bunda harus konsisten memberikan sayuran dengan berbagai cara serta tidak mudah menyerah meski ada penolakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *