Friday, April 26, 2024
Home > BISNIS > Perlunya Cyber Security Indonesia Untuk Memproteksi Keamanan Negara

Perlunya Cyber Security Indonesia Untuk Memproteksi Keamanan Negara

Selamat datang di era perkembangan teknologi yang luar biasa pesat ini. Saat seluruh penyimpanan menjadi digital, maka diperlukan perlindungan yang maksimal, menggunakan Cyber Security Indonesia.

 

Melihat fenomena masyarakat digital yang semakin berkembang, maka  isu keamanan siber telah menjadi prioritas. Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi dimanfaatkan dalam berbagai aspek  kehidupan masyarakat. Nyaris, tidak ada yang lepas dari teknologi  dari aspek sosial sampai  skala yang  sangat penting,  yaitu pertahanan dan keamanan negara. Hal itu tentu saja membutuhkan perlindungan teknologi yang mumpuni untuk membentengi negara dari serangan siber.

 

Oleh karena itu diperlukan kebijakan  dan strategi khusus   yang dapat digunakan untuk mengembangkan keamanan siber. Salah satu yang dikembangkan adalah mendidik personal yang mempunyai kemampuan mumpuni  untuk  melakukan pertahanan siber. Pembekalan ini dapat dilakukan dengan cara mendidik mereka yang tertarik pada bidang siber secara  formal.

 

Pengembangan sumber daya manusia siber akan sama pentingnya dengan pengembangan teknologi itu sendiri. Dalam industri telah berkembang  dan memakai  teknologi yang tanpa batas untuk  beraktivitas.

Serangan siber adalah suatu  ancaman yang nyata yang dapat  terjadi sewaktu-waktu   pada semua industri yang  menggunakan teknologi. Diketahui  jumlah serangan meningkat seiring dengan persaingan teknologi  industri satu dengan yang lainnya. Sayangnya, jumlah tenaga ahli yang mampu membentengi industri dengan teknologi siber tidak sebanding  dengan   peningkatan serangan siber tersebut. Dengan demikian posisi tawar tenaga  ahli  keamanan siber  akan lebih baik  dibandingkan dengan   profesional bidang IT lainnya.

https://ids.ac.id

Karakter Cyber Security Indonesia

 

 

Tenaga ahli yang terdidik  untuk menangani serangan siber haruslah mempunyai karakter yang mumpuni  untuk  menangani hal tersebut. Antara lain:

 

  • Keahlian yang teruji

Tingkat keahlian ahli siber tentu setiap waktu teruji. Dengan perkembangan teknologi yang amat pesat, kebutuhan untuk meningkatkan keahlian berbanding lurus dengan tantangan yang dihadapi. Sering kali pihak yang melakukan ancaman siber memiliki keahlian yang lebih  baik, yang tentu saja harus disikapi dengan  kemauan untuk belajar lebih banyak lagi.

 

  • Kreatif

Seseorang yang berprofesi sebagai  ciber security tentu harus memiliki kreativitas  tanpa batas untuk menanggulangi  serangan siber. Tidak bisa hanya terpaku pada teks book untuk melawannya, tetapi juga harus mampu mencari celah-celah untuk  mempertahankan keamanan  siber.

 

  • Problem Solving

Seorang  cyber security  juga harus  berorientasi pada problem solving. Kemampuan memecahkan masalah dalam waktu yang sesingkat-singkatnya dengan tingkat  ketepatan yang  tinggi tentu saja menjadi tuntutan tersendiri. Hal ini harus dipelajari sejak ia mengenyam pendidikan tentang cyber security.

 

  • Bertanggung jawab

Personal yang bertanggung jawab tentu  akan mempu melaksanakan  dan menuntaskan tugas semaksimal mungkin. 

 

  • Mampu bekerja sama

Seringkali penanganan cyber security membutuhkan kerjasama dengan orang lain. Hal ini tentu saja menuntut kemampuan untuk memecahkan masalah keputusan bersama.

Untuk mendidik tenaga ahli di bidang Cyber Security, maka IDS Digital College menyelenggarakan program studi Cyber Security yang menitikberatkan pada teknik pengamanan dan keamanan dalam dunia digital.  Lulusan  program studi  ini akan memiliki keahlian  teknik merancang sistem keamanan, pengujian sistem yang dibuat, teknik pengamanan dari serangan cyber hingga teknik meretas jaringan teknologi yang etikal.

 

Beberapa mata kuliah pilihan yang dapat diambil untuk melengkapi keahlian mahasiswa adalah artificial intelligence, Cyber law, Shell Scripting, Algorithm Design and Analysis, Secure Programming dan Computer Forensic. Terdapat beberapa  lagi pilihan untuk mendukung keahlian mahasiswa.

Pilihan karir bagi lulusan pun beragam dari penetration tester, secure software developer,  network Security Administrator dan banyak lagi. Dengan pilihan karir  yang luas, apalagi yang Anda tunggu untuk menjadi bagian dari Cyber Security Indonesia?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *