Friday, April 26, 2024
Home > BISNIS > 6 Cara Mengatasi Mata Terasa Sepet dan Lelah yang Alami

6 Cara Mengatasi Mata Terasa Sepet dan Lelah yang Alami

Ada beberapa penyebab mata terasa sepet dan lelah secara umum. Penyebab paling utama yaitu lingkungan, tingkat stres, dan juga pola makan yang kurang sehat. Gejala yang terjadi saat mata lelah selain mata terasa sepet yaitu mata berair, terasa berat, kering, dan penglihatan mengabur. Anda bisa menerapkan beberapa cara mengatasi mata terasa sepet berikut ini agar cepat sembuh. 

Cara Mengatasi Mata Terasa Sepet dan Lelah yang Alami

Berikut ini merupakan hal-hal dan cara yang bisa Anda lakukan:

1. Kompres Mata

Mengompres mata memang menjadi cara terbaik untuk meredakan mata sepet dan lelah. Pakai handuk atau tisu untuk mengompres mata Anda. Lakukan beberapa kali sampai gejala seperti gatal menghilang. 

2. Cuci Mata dengan Air Dingin

Cara paling sederhana untuk mengatasi mata terasa sepet adalah mencuci mata dengan air dingin. Anda bisa melakukannya beberapa kali sehari. Manfaatnya yaitu mengurangi ketegangan yang membuat mata sepet atau lelah.

3. Gunakan Sendok Dingin

Ternyata, sendok dingin juga bisa membantu mengatasi mata sepet atau lelah. Anda bisa meletakkan dua sendok di dalam lemari es. lalu tempelkan ke mata sampai mata merasa nyaman.

4. Memakai Mentimun, Kentang, atau Stroberi

Selain sendok dingin, Anda juga bisa menempelkan irisan kentang, mentimun atau stroberi di mata yang lelah. Lakukan selama 15 menit sampai dengan 20 menit. Cara ini hampir mirip dengan maskeran.

5. Memakai Kantong Teh Dingin

Jangan buang terlebih dahulu kantong teh dingin Anda. Pasalnya, Anda bisa memakainya untuk mengatasi mata sepet dan lelah. Cara melakukannya yaitu merebus kantong teh di panci. Setelah itu, gunakan kantongnya yang sudah dingin untuk membuat mata rileks.

6. Memakai Kapas Bola dan Susu Dingin atau Air Mawar

Terakhir, Anda bisa menggunakan kapas bola dan susu dingin atau air mawar. Caranya yaitu memasukkan kapas bola ke susu dingin atau air mawar. Setelah itu, tempelkan pada kelopak mata Anda yang tertutup.Itulah pembahasan mengenai cara mengatasi mata terasa sepet yang bisa Anda lakukan. Obat tetes mata sesuai varian untuk mata lelah juga bisa membantu mengatasi mata lelah. Insto merupakan obat tetes mata yang menjadi pilihan banyak orang. Gunakan secara teratur agar mata kembali nyaman dan tidak terasa sepet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *