Thursday, April 25, 2024
Home > BISNIS > Tips Praktis Bayar Tagihan BPJS Melalui Aplikasi  

Tips Praktis Bayar Tagihan BPJS Melalui Aplikasi  

Bayar tagihan bpjs

BPJS kesehatan dinilai menjadi salah satu jaminan kesehatan yang ampuh dan mampu menolong banyak orang. Semua orang memang tidak ingin sakit, tetapi melakukan beberapa persiapan untuk kemungkinan terburuk juga tidak salah. Apalagi sekarang cara bayar tagihan BPJS bisa dilakukan dengan lebih praktis. Anda bahkan bisa membayarnya tanpa harus mengantre dan berdesak-desakkan di kantor pusat atau kantor cabang. Tapi sebelum membahas tipsnya, apakah Anda sudah mendaftar menjadi anggota BPJS?

jika Anda masih ragu untuk mendaftar, sepertinya harus mulai membuang pikiran itu jauh-jauh. Pasalnya BPJS memiliki berbagai keuntungan yang akan memberikan banyak manfaat untuk Anda di masa mendatang. Banyak juga masyarakat yang telah merasakan sendiri manfaat dari menjadi anggota BPJS kesehatan. Apa saja manfaat menggunakan BPJS? Berikut ulasannya.

Sederet Manfaat Menggunakan BPJS Kesehatan

Bayar tagihan bpjs

Berikut ini adalah sederet manfaat menggunakan BPJS kesehatan yang perlu Anda ketahui:

Menanggung Hampir Semua Penyakit

Banyak yang tertarik menggunakan BPJS karena memang manfaatnya yang besar. Salah satunya adalah mampu menanggung sebagian besar penyakit. Beberapa penyakit yang ditanggung oleh BPJS antara lain penyakit asma, jantung, stroke, kanker, katarak, vertigo, dan diabetes melitus.

Jika diamati, beberapa penyakit di atas banyak diderita oleh sebagian besar manula. Ini menunjukkan bahwa peran BPJS memang sangat penting, apalagi bisa bermanfaat sampai tua.

Dijamin Seumur Hidup

Keuntungan kedua yang bisa Anda dapatkan dengan mendaftar BPJS adalah kesehatan yang dijamin seumur hidup. Berbeda dengan berbagai asuransi kesehatan lainnya yang hanya bisa menanggung sampai usia 100 tahun, BPJS mampu menanggung kesehatan Anda selama seumur hidup.

Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama

Poin ini mungkin akan menjadi bahan pertimbangan yang bagus untuk Anda yang ingin mendaftar BPJS. Pasalnya, Anda berhak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tingkat pertama. Perawatan tingkat pertama tersebut meliputi rawat jalan atau rawat inap, pelayanan dokter gigi, klinik pertama atau setara, faskes penunjang misalnya laboraturium dan apotek.

Tanpa Medical Check-up

Kelebihan yang tak kalah menarik dari BPJS adalah tak memerlukan medical check-up. Hal ini sangat berbeda dengan jaminan kesehatan lainnya yang memberikan syarat medical check up kepada nasabahnya. Jika di asuransi swasta, hasil dari medical check-up akan digunakan untuk penentu besarnya premi yang perlu dibayarkan.

Di sisi lain, BPJS memberikan kemudahan sehingga Anda tidak perlu melakukan medical check-up. Mengenai besarnya premi yang dibayarkan akan ditentukan berdasarkan kelas yang Anda pilih sendiri, entah itu kelas 1, 2, atau 3.

Sistem Pembayaran Mudah

Membahas tentang cara pembayaran, pasti Anda sempat membayangkan atau mengkhawatirkan mengenai cara pembayarannya nanti.

Sebagaimana yang telah dibahas di atas, sistem pembayaran BPJS dapat dilakukan dengan lebih mudah. Apalagi saat ini adalah era digital di mana berbagai hal dapat dilakukan dengan praktis secara online. Jadi, Anda bisa melakukan pembayaran tanpa harus mengantre panjang.

Salah satu alternatif pembayaran BPJS terbaik yang bisa Anda pilih adalah Bank Sinarmas. Anda bisa memilih sendiri metode yang diinginkan, mulai dari ATM, SimobiPlus, teller, atau Internet Banking.

Jika ingin membayar lewat aplikasi SimobiPlus, maka Anda harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu di Google Play Store atau App Store.

Sekarang bayar tagihan BPJS tidak perlu repot-repot lagi. Tinggal bayar melalui Bank Sinarmas, proses mudah, aman, dan biaya administrasi juga murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *