Monday, September 20, 2021
Home > BISNIS > Nutrisi Penting untuk Anak Balita yang Perlu Diketahui

Nutrisi Penting untuk Anak Balita yang Perlu Diketahui

Nutrisi anak

Perlu diketahui oleh bunda, pada usia 1 sampai 5 tahun merupakan tahapan yang terpenting bagi pertumbuhan dan perkembangan seorang anak. Selain akan mengalami pertumbuhan tubuh yang cukup pesat yang ditandai dengan berat dan tinggi yang terus bertambah si kecil juga akan memiliki kemampuan gerak kasar, gerak halus dan bicara hingga bersosialisasi yang terus berkembang dengan sangat pesat.

Agar semua tahapan tersebut bisa dilalui dengan lebih maksimal Bunda perlu memberikan nutrisi anak yang tepat yang mampu mendukung semua tahapan perkembangan dan pertumbuhan si kecil tidak mengalami hambatan sama sekali.

Berikut ini ada beberapa pilihan nutrisi anak yang perlu diberikan untuk mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan mereka yang pertama adalah zat besi. Zat besi merupakan salah satu senyawa bilangan yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak agar lebih optimal. Berdasarkan penelitian 1-3 anak Indonesia yang berusia balita beresiko mengalami keterlambatan dalam perkembangan dan fungsi kognitif mereka karena kekurangan zat besi.

Nutrisi anak
Nutrisi anak

Padahal zat besi merupakan salah satu bendera penting untuk mendukung pertumbuhan fisik serta perkembangan otak. Beberapa menu makanan yang memiliki kandungan zat besi cukup tinggi di antaranya adalah makanan laut, buah-buahan, kacang-kacangan, daging merah, sayuran berdaun hijau pekat seperti bayam dan Sereal.

Nutrisi anak selanjutnya perlu Bunda ketahui yang berperan penting dalam pertumbuhan si kecil adalah lemak. Lemak bermanfaat untuk meningkatkan jumlah energi di dalam tubuh dan membantu penyerapan vitamin A vitamin D vitamin E dan vitamin K serta menambah cita rasa lezat pada makanan. Anak balita yang berusia sekitar 1 sampai 5 tahun membutuhkan lemak sekitar 45 sampai 50 gram setiap harinya.

Asupan lemak yang kurang akan menyebabkan penghambatan pada proses pertumbuhan dan daya tahan tubuh mereka menjadi kurang baik. Beberapa makanan yang memiliki kandungan lemak baik diantaranya adalah alpukat, kacang kacangan, yoghurt dan ikan-ikanan.

Vitamin D merupakan salah satu nutrisi penting lainnya yang perlu diberikan kepada Si Kecil Untuk memelihara dan tubuh agar lebih kuat dan melindungi kecil dari paparan infeksi yang berbahaya. Sumber vitamin D bisa didapatkan dari sinar matahari dengan cara mengajak sekecil berjemur selama 15 sampai 20 menit setiap harinya mulai pukul 8 sampai 11 siang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *