Saturday, April 20, 2024
Home > BISNIS > Pentingnya Layanan Payment Gateway dalam Bisnis Online

Pentingnya Layanan Payment Gateway dalam Bisnis Online

payment gateway.

Ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk menarik minat pembeli, salah satunya dengan cara menyediakan berbagai layanan pembayaran. Saat ini hal tersebut bisa Anda wujudkan dengan layanan payment gateway. Layanan ini akan membantu Anda untuk menyediakan berbagai layanan transaksi untuk para customer.

Saat ini ada cukup banyak perusahaan payment gateway Indonesia yang bisa digunakan oleh para pelaku usaha. Semakin banyak layanan pembayaran yang disediakan, maka customer pun akan semakin suka.

Penjelasan Tentang Fungsi dan Layanan

Pertama-tama, sebelum menjelaskan lebih detail dan lebih jauh, kami akan coba jelaskan terlebih dahulu tentang fungsi dan cara kerja dari layanan ini.

Payment gateway adalah sebuah gerbang keluar masuknya dana dalam suatu transaksi online. Artinya, layanan ini memungkinkan setiap pelaku usaha untuk menerima dana dari konsumen melalui berbagai macam pilihan metode pembayaran.

Dengan menggunakan layanan ini, pilihan pembayaran untuk customer Anda pun menjadi semakin beragam. Artinya Anda tidak selalu harus mengarahkan customer untuk membayar ke satu atau dua rekening bank saja.

payment gateway.
payment gateway.

Dengan menggunakan layanan tersebut, Anda bisa menyediakan banyak sekali pilihan pembayaran. Adapun jenis-jenis pembayaran yang bisa Anda berikan kepada customer mulai dari transfer dari berbagai bank, kartu debit, kartu kredit, hingga sistem pembayaran melalui retail seperti Alfamart.

Kenapa Harus Menggunakan Payment Gateway?

Ada banyak alasan kenapa setiap pebisnis saat ini wajib menggunakan layanan tersebut. Khususnya bagi para pebisnis yang menawarkan suatu produk maupun layanan secara online. Berikut kami jelaskan apa saja alasannya.

  1. Menawarkan Banyak Pilihan Ketersediaan Sistem Pembayaran

Customer saat ini tidak hanya menilai bagus tidaknya suatu produk atau layanan yang dijual secara online. Saat ini, customer juga menilai suatu perusahaan pebisnis yang menjual produk maupun pelayanannya di internet melalui sistem transaksi atau pembayaran yang tersedia.

Contohnya, suatu perusahaan atau toko online hanya menyedia proses transaksi via transfer bank saja. Sementara layanan transfer yang ditawarkan untuk satu atau dua bank saja. Jika pembeli tidak memiliki rekening di bank yang sama dengan perusahaan, tentu pembayaran pun akan membengkak karena terkena charge transfer ke bank berbeda.

Namun tidak demikian halnya jika menyediakan banyak layanan pembayaran. Customer bisa memilih sistem pembayaran mana yang sesuai dengan keinginannya.

  1. Proses Pembayaran Cepat dan Instan

Pada dasarnya, proses pembayaran dengan menggunakan layanan ini sama seperti pembayaran menggunakan transfer bank. Proses pembayaran dari customer  ke penjual pun berlangsung cepat.

Itu artinya, customer bisa langsung menyelesaikan transaksinya dan si penjual pun bisa langsung menerima dana dari customer secara cepat. Layanan ini memiliki manfaat baik untuk customer maupun pebisnis.

  1. Layanan 24/7

Proses pembayaran dengan menggunakan sistem tersebut juga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Pasalnya, layanan ini menawarkan sistem pembayaran 24 jam 7 hari. Anda juga bisa melakukan pembayaran di malam hari.

Dengan menggunakan layanan ini, pembeli bisa belanja atau memesan suatu layanan kapan saja tanpa batas waktu. Begitu juga dengan penjual yang bisa bertransaksi sesuai dengan jam kerja yang mereka inginkan.

Kesimpulan

Sistem pembayaran menjadi salah satu tolok ukur bagi customer yang ingin berbelanja pada suatu perusahaan. Semakin banyak sistem pembayaran yang ditawarkan, maka semakin nyaman dan mudah si pembeli tersebut untuk menyesuaikan proses transaksi dengan keinginan dan kenyamanannya.

Bagaimana, tertarik untuk menggunakan layanan payment gateway? Anda bisa percayakan sistem pembayaran pada Faspay yang menawarkan layanan tersebut secara resmi di Indonesia dan berpengalaman sudah lebih dari 8 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *