Tuesday, June 25, 2024
Home > BISNIS > Berbagai Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil

Berbagai Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil

asam folat untuk ibu hamil

Selama kehamilan, perkembangan sistem saraf janin merupakan salah satu periode terpenting dan sensitif. Asam folat, juga dikenal sebagai vitamin B9, merupakan salah satu nutrisi penting yang berperan penting dalam pembentukan sistem saraf yang sehat. Asam folat memiliki dampak signifikan terhadap perkembangan tabung saraf pada janin dan dapat membantu mencegah cacat tabung saraf yang serius. Maka dari itu pentingnya asam folat untuk ibu hamil harus diperhatikan.

Pembentukan tabung saraf

Pada awal kehamilan, terbentuk tabung saraf pada janin yang kemudian berkembang menjadi sistem saraf pusat yaitu otak dan sumsum tulang belakang. Kekurangan asam folat selama periode ini dapat menyebabkan cacat tabung saraf, seperti spina bifida, di mana tulang belakang janin tidak terbentuk dengan baik dan dapat menyebabkan masalah fungsional saraf yang serius.

Sintesis DNA

Asam folat juga berperan dalam sintesis dan perbaikan DNA. Selama periode pertumbuhan janin yang cepat, DNA harus disalin secara efisien untuk membentuk jaringan dan organ baru yang sedang berkembang. Kekurangan asam folat dapat mengganggu proses ini dan berpotensi membahayakan perkembangan sistem saraf.

 Metilasi

Asam folat penting untuk  metilasi, di mana molekul metil ditransfer dalam berbagai reaksi kimia di dalam tubuh. Metilasi ini  penting dalam regulasi ekspresi gen dan perkembangan sel. Dalam konteks sistem saraf, metilasi berperan dalam pembentukan dan fungsi sinapsis, yang menjadi jembatan antar neuron untuk transduksi sinyal.  

Pencegahan cacat tabung saraf

Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan asam folat yang cukup sebelum dan selama awal kehamilan dapat secara signifikan mengurangi risiko cacat tabung saraf. Oleh karena itu, banyak negara yang menerapkan program suplementasi asam folat bagi wanita yang berencana hamil atau sedang hamil. Suplemen asam folat yang direkomendasikan seringkali mengandung dosis yang lebih tinggi daripada yang dapat diperoleh dari makanan sehari-hari.:

Beberapa sumber  asam folat alami antara lain sayuran berdaun hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, jeruk, dan hati. Namun, karena sulitnya mendapatkan  asam folat dalam jumlah yang cukup hanya dari makanan, banyak wanita hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen asam folat yang sesuai berdasarkan saran dokter.  

Itulah beberapa manfaat dari asam folat untuk ibu hamil terutama untuk perkembangan janin dengan maksimal. Jangan lupakan juga kebutuhan si kecil setelah Ia dilahirkan dengan berbagai macam perlengkapan untuk memenuhi setiap fase pertumbuhannya. Salah satunya adalah dengan menggunakan popok yang tepat dengan MAKUKU yang dengan mudah didapatkan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *