Sunday, June 13, 2021
Home > BISNIS > Alasan Mengapa Kamu Harus Mempertimbangkan Investasi di Deposito

Alasan Mengapa Kamu Harus Mempertimbangkan Investasi di Deposito

bunga deposito

Semakin hari generasi muda jaman sekarang makin paham pentingnya menjaga kesehatan finansial, termasuk dalam berinvestasi untuk mempersiapkan kebutuhan keuangan di masa mendatang. Ada banyak cara untuk berinvestasi, salah satu opsinya adalah dengan produk deposito yang memiliki kelebihan pada bunga deposito nya.

Deposito adalah tabungan yang diatur waktu setoran dan pengambilannya, sehingga tidak bisa diambil atau ditarik seenaknya. Jika kamu bersikeras ingin menarik dana deposito kamu diluar waktu yang ditentukan, maka kamu harus siap mendapatkan denda penalti. Bunga deposito relatif lebih tinggi daripada tabungan biasa, dengan begitu produk deposito bisa dijadikan opsi untuk berinvestasi.

Sekarang kamu sudah tahu bahwa kamu bisa berinvestasi dengan deposito. Sekarang kamu harus tahu apa saja kelebihan deposito sehingga kamu harus mempertimbangkan deposito sebagai investasi kamu.

bunga deposito
bunga deposito

Cocok buat kamu yang boros

Buat kamu yang sulit banget buat berhenti beli barang-barang yang sebenernya kamu gak butuh, produk deposito rasanya cocok buat kamu. Karena pada deposito kamu hanya bisa menarik simpanan kamu pada jangka waktu yang telah ditentukan diawal. Kamu akan kesulitan untuk tiba-tiba menarik simpanan kamu untuk melakukan kegiatan yang boros seperti membeli hal-hal kecil yang tidak terlalu kamu gunakan. Sebenarnya kamu masih bisa menariknya namun dengan syarat harus membayar denda penalti, tentu akan membuat kamu berpikir berkali-kali untuk melakukannya.

Keuntungan relatif stabil

Keuntungan dari bunga deposito yang lebih tinggi daripada bunga tabungan biasa ternyata juga relatif stabil. Bahkan produk deposito pada tahun 2015 mampu menduduki rerata keuntungan nomor dua terbesar setelah saham, yaitu dengan persentase 7,21% dengan imbal hasil dari deposito adalah rata-rata bunga deposito 1 bulan. Artinya, peluang untuk berinvestasi berupa deposito masih memiliki peluang yang bagus dari tahun ke tahun.

Resiko yang tidak terlalu besar

Deposito dapat dikatakan merupakan produk simpanan dengan resiko yang sangat minim. Hal ini pun dikarenakan deposito memiliki jaminan LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) dengan syarat tertentu dan tentu saja bank yang kamu pilih merupakan bank yang tercatat sebagai anggota LPS dan jaminan tersebut juga berlaku apabila deposito yang dijaminkan berjumlah kurang dari Rp 2 miliar dengan suku bunga sebesar 7,5%.

Apabila kamu memiliki simpanan di deposito dengan jumlah lebih dari Rp 2 miliar, maka LPS tidak akan memberikan jaminan pada simpanan anda tersebut. Misalnya pada produk deposito dari Bank Sinarmas kamu menempatkan dana sebesar Rp1.000.000 dengan suku bunga 3.5%, artinya dana kamu di Bank Sinarmas masih dijamin oleh LPS

Dapat dijadikan jaminan

Nah, untuk yang satu ini sepertinya masih banyak yang belum paham atau bahkan belum mengetahuinya sama sekali. Jadi, deposito itu merupakan aset yang bisa kamu jadikan sebagai jaminan apabila kamu ingin mengajukan pinjaman ke bank. Selain tanah, rumah, atau aset harta berharga lainnya, kamu juga bisa menjadikan simpanan deposito sebagai jaminan. Namun yang perlu kamu ingat adalah tidak semua bank dapat menerima deposito sebagai jaminan.

Berikut diatas adalah kelebihan dari deposito jika kamu ingin jadikan investasi untuk masa mendatang. Semoga ulasan ini dapat membuka wawasan kamu tentang deposito. Kalo kamu masih penasaran, di Bank Sinarmas bahkan sudah bisa buat rekening deposito secara online dengan minimal penempatan mulai dari Rp500.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *