Tuesday, April 30, 2024
Home > BISNIS > Rekomendasi Motor Listrik Keren & Terbaik 2023

Rekomendasi Motor Listrik Keren & Terbaik 2023

beli motor listrik

Motor merupakan kendaraan yang banyak digunakan oleh warga Indonesia karena mempunyai fleksibilitas yang tinggi. Perkembangan teknologi juga membawa terobosan untuk kendaraan motor yaitu dengan hadirnya motor listrik. Sudah banyak masyarakat Indonesia yang beralih dari motor konvensional ke motor listrik. Pastikan Anda membeli rekomendasi motor listrik terbaik dari ALVA AUTO.

Banyak alasan menarik mengapa motor listrik banyak digemari, salah satu alasannya adalah perawatannya yang mudah. Nah, supaya performa motor listrik Anda tetap optimal dan awet, maka wajib tahu cara merawatnya yang benar. 

Cara Merawat Motor Listrik

Bagi Anda yang sudah mempunyai atau berencana membeli motor listrik, silakan simak beberapa tips merawatnya di bawah ini:

1. Mencabut Baterai

Baterai merupakan komponen krusial pada motor listrik karena menjadi sumber energi. Supaya baterai motor Anda awet dan tahan lama, sebaiknya cabut baterai jika motor tersebut tidak digunakan dalam waktu lama. Sebelum melepaskan baterai dari motor, pastikan Anda sudah mengisi daya baterai tersebut hingga penuh.

Lantas, mengapa perlu mencabut baterai meskipun motor tidak digunakan? Pasalnya, meskipun dalam kondisi motor mati, namun aliran listrik tetap terpakai. Biasanya, aliran listrik tersebut untuk alarm motor. Selain itu, membiarkan baterai tetap terpasang di motor akan menyebabkan self-discharge.

2. Periksa Sistem Pengerman

Komponen krusial lainnya selain baterai adalah rem. Anda perlu memeriksa atau bahkan mengganti rem ban atau rem kampas setiap dua atau tiga bulan sekali. Memeriksa sistem pengereman secara berkala akan membuat Anda lebih aman selama berkendara. Selain itu, pemeriksaan rem secara berkala juga mencegah kerusakan komponen lainnya.

3. Jangan Mencuci Motor dengan Air Bertekanan

Untuk membersihkan motor konvensional umumnya akan menggunakan air bertekanan tinggi. Sebab, air bertekanan tersebut dapat membersihkan kotoran yang terdapat pada cela-cela motor. Bagi Anda pemilik motor listrik, jangan mencuci motor dengan air bertekanan karena dapat mengganggu komponen kelistrikan.

Anda bisa membersihkan motor menggunakan kanebo basah. Gosokkan kanebo basah tersebut pada permukaan motor yang kotor. Membersihkan dengan cara ini tentu lebih aman karena tidak mengganggu komponen kelistrikan. Alhasil, motor tidak akan mudah mengalami gangguan arus pendek.

4. Jangan Menerobos Banjir

Semua kendaraan motor pasti dirancang untuk tangguh dalam segala cuaca, termasuk banjir. Meskipun motor listrik tetap bisa digunakan dalam kondisi hujan atau banjir, sebaiknya Anda tidak nekat menerobosnya. Apalagi jika genangan air banjir tersebut cukup tinggi.

Hal ini bertujuan agar air hujan atau air banjir tidak masuk ke dalam sistem kelistrikan. Dengan demikian, motor Anda tetap aman dan awet untuk pemakaian jangka panjang. 

5. Rutin Mengganti Van Belt

Komponen penting lainnya yang perlu mendapatkan perawatan secara berkala adalah van belt. Van belt merupakan komponen yang menghubungkan mesin dengan roda belakang supaya bisa melaju. Selain itu, van belt mempunyai usia pakai yaitu 3.000 km. Jika Anda sudah menempuh sejumlah jarak tersebut, maka segera ganti van belt motor Anda. Kondisi van belt akan memengaruhi tarikan pada motor Anda. 

ALVA ONE, Rekomendasi Motor Listrik Keren dan Terbaik 2023

Jika Anda ingin mempunyai motor skuter matic listrik dengan performa handal, maka bisa mempertimbangkan ALVA ONE. Tak hanya menyuguhkan performa mesin dan keawetan baterai, motor listrik ini juga hadir dengan desain yang sporty dan elegan. 

Anda bisa memacu kendaraan ini dengan kecepatan maksimal 90 km/jam. Kerennya lagi, ALVA ONE mendapatkan prestasi sebagai motor listrik terbaik 2023. Kunjungi website https://www.alvaauto.com/ untuk daftar test drive!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *