Friday, April 26, 2024
Home > BISNIS > Jaga Perhiasan Berlian Anda Agar Tidak Turun Harga

Jaga Perhiasan Berlian Anda Agar Tidak Turun Harga

perhiasan berlian

Sudah bukan rahasia lagi bila perhiasan berlian termasuk dalam benda yang berharga mahal. Tidak sedikit orang yang menjadikan perhiasan dari berlian dari Frank and Co sebagai benda investasi jangka panjang. Meskipun perhiasan dengan berlian cenderung berharga mahal namun ada ternyata berlian juga bisa mengalami penurunan harga.

Salah satu hal yang menyebabkan berlian turun harga adalah kesalahan dalam memilih perhiasan berlian dengan kualitas yang rendah. Banyak orang yang tidak menyadari bila ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan penurunan harga berlian. Agar bisa menjaga kualitas berlian, cari tahu yuk beberapa penyebab harga perhiasan dari berlian turun harga.

Cacat pada berlian

Berlian umumnya dihargai dari kilaunya yang indah. Namun beberapa berlian ternyata mempunyai cacat bawaan atau yang dikenal dengan inklusi. Cacat bawaan pada berlian ini biasanya berupa titik hitam, garis, ataupun kristal yang terlihat dengan kasat mata.

perhiasan berlian
perhiasan berlian
(source:https://vncojewellery.com/artikel/wp-content/uploads/2019/09/diamond-1.jpg)

Salah satu faktor yang mempengaruhi harga berlian adalah clarity, yang dinilai dari seberapa jelas cacat bawaan ini terlihat pada berlian bila dilihat dengan mata ataupun dengan kaca pembesar. Cacat bawaan yang terlihat dengan jelas akan membuat harga berlian menjadi turun, terutama pada inklusi yang nampak dengan mata dari jarak pandang normal.

Selain itu, letak cacat bawaan yang terlihat dengan jelas seperti pada bagian atas taau tengah berlian juga menyebabkan harga berlian menjadi turun. Faktanya inklusi yang terletak semakin dekat dengan permukaan berlian menandakan bila berlian tersebut mempunyai kerusakan alami yang disebabkan oleh strukturnya sendiri.

Rona kekuningan

Berlian yang tanpa warna atau bening adalah berlian dengan harga yang paling mahal dan paling banyak diminati. Bila berlian bening mempunyai rona kekuningan, maka akan mempengaruhi harga berlian itu sendiri. Rona kekuningan yang semakin terlihat jelas juga akan membuat harga berlian semakin rendah.

Untuk menyiasatinya, berlian dengan rona kekuningan yang samar bisa dipasangkan dengan emas kuning untuk menutupi ketidaksempurnaan tersebut. Bias rona pada emas kuning akan menyamarkan rona kekuningan pada berlian dan membuatnya terlihat lebih jernih dan putih.

Pengelupasan atau sobekan

Berlian memang terkenal sebagai salah satu batuan yang keras. Namun ada kalanya berlian juga bisa mengalami sobekan atau pengelupasan. Kerusakan pada permukaan berlian ini juga akan mempengaruhi harga berlian. Misalnya berlian yang anda miliki tidak sengaja terkelupas. Maka semakin besar area yang terkelupas membuat batu tersebut rentan terkelupas di bagian yang sama. Sehingga harga berlian menjadi turun.

Selama ini tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki berlian yang terkelupas ini tanpa membuat batu menjadi rusak dan nilainya turun. Salah satu pilihan yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki berlian yang terkelupas adalah dengan memotong bagian yang terkelupas dan membuatnya menjadi lebih kecil. Cara ini membuat karat berlian semakin kecil dan anda juga kehilangan sebagian berlian.

Potongan berlian tidak proporsional

Potongan berlian adalah salah satu faktor yang mempengaruhi besar cahaya ke dalam berlian yang kemudian direfleksikan kembali. Berlian dengan potongan yang proporsional akan memancarkan cahaya dan kilau yang sempurna. Sedangkan berlian yang dipotong tidak proporsional tidak bisa memantulkan cahaya dengan sempurna. Misalnya berlian dengan potongan round diamond yang dipotong terlalu dalam atau dangkal tidak bisa merefleksikan cahaya dengan baik. Oleh karena itu anda harus memilih perhiasan dengan potongan berlian yang bagus agar harganya tetap stabil.

Untuk menghindari penurunan harga, jaga perhiasan berlian anda baik-baik dan pilih toko perhiasan berlian yang terpecaya seperti Frank and co, sehingga anda terhindar dari cacat bawaan berlian. Hal ini dikarenakan Frank and co hanya menjual berlian pilihan yang kualitasnya terjamin dan bersertifikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *