Tuesday, April 23, 2024
Home > BISNIS > 5 Cara Cerdas Menjaga Keamanan Kartu Kreditmu

5 Cara Cerdas Menjaga Keamanan Kartu Kreditmu

kartu kredit

Aktivitas transaksi non tunai saat ini memang sudah sangat populer. Ada banyak sekali keunggulan yang diperoleh dari transaksi non tunai tersebut. Namun dibalik itu, terdapat juga hal buruk yang bisa saja terjadi. Berita seputar penipuan dalam menggunakan kartu kredit sudah cukup banyak, terlebih pada era digital seperti saat ini.

Alat pembayaran menggunakan kartu memang memiliki resiko keamanan. Seperti pembobolan dan penyalahgunaan data oleh oknum tertentu. Resiko tersebut tentu akan menimbulkan kerugian bagi para penggunanya.

Beberapa kasus penipuan tersebut diakibatkan karena seringnya melakukan transaksi untuk barang-barang dengan nominal yang mahal. Serta cara penggunaannya yang relatif mudah memungkinkan peluang adanya tindakan kejahatan.

Untuk itu tentu sangat penting bagi kamu yang sering melakukan transaksi non tunai dengan menggunakan kartu kredit mengetahui bagaimana cara menjaga keamanan dalam penggunaan kartu tersebut.

kartu kredit
kartu kredit
(source:https://i0.wp.com/arribadesign.co/wp-content/uploads/2019/06/5b6bede83517f_thumbnail-indigo.jpg?fit=600%2C430)

Lantas apa saja cara yang dapat dilakukan agar kamu dapat bertransaksi dengan aman menggunakan kartu kredit?

Hal Pertama yang Perlu Kamu Perhatikan Adalah Menjaga Kerahasiaan Data

Pada setiap kartu kredit yang kamu gunakan tentu memuat informasi mengenai data pribadi. Seperti nomor PIN, nama ibu kandung, informasi tanggal lahir, dan beberapa informasi penting lainnya.

Pastikan kamu dapat menjaga kerahasiaan dari data-data tersebut. Karena apabila data tersebut jatuh kepada orang yang tidak bertanggung jawab maka khawatirnya akan menimbulkan kerugian, seperti pembobolan atau penyalahgunaan kartu.

Terlebih lagi di era digital seperti sekarang memberikan peluang semakin mudahnya untuk meretas. Jadi, jangan sampai orang lain tahu tentang informasi data pribadi tersebut ya!

Kedua, Aktifkan Pemberitahuan Transaksi

Adanya fasilitas mobile banking dan internet banking saat ini membantu kamu untuk lebih praktis dalam mengontrol transaksi yang dilakukan.

Pada kartu kredit Bank Sinarmas kamu dapat memanfaatkan aplikasi Simobi Plus untuk mendapatkan pemberitahuan pada setiap aktivitas transaksi yang dilakukan melalui kartu kredit kamu.

Pengaktifan pemberitahuan transaksi dapat membantu kamu untuk mengawal setiap aktivitas transaksi yang telah dilakukan. Jika kamu merasa tidak melakukan transaksi tetapi terdapat pemberitahuan adanya aktivitas transaksi maka kamu bisa segera melapor kepada pihak bank,  agar segera dilakukan tindakan lebih lanjut.

Ketiga, Manfaatkan Kode PIN

Pastikan kamu menggunakan kode pin yang tidak mudah ditebak oleh orang lain. Sebaiknya kamu menghindari menggunakan kode pin dengan tanggal dan tahun lahir. Karena biasanya kode tersebut akan mudah sekali diretas oleh orang lain.

Penggunaan kode pin yang rumit akan membantu kamu untuk menjaga keamanan kartu. Karena semakin rumit kode pin yang digunakan maka semakin sulit juga upaya orang lain untuk meretas. Sehingga kamu akan aman dari kebobolan dan penyalahgunaan kartu kredit.

Keempat, Rahasiakan Nomor Kartu Kredit dan CVV Kamu

Pastikan kamu untuk menjaga kerahasiaan nomor kartu kredit serta nomor Card Verification Value (CVV) yang terletak pada belakang kartu.

Nomor kartu kredit dan juga nomor CVV diperlukan pada setiap transaksi online. Untuk itu kamu perlu merahasiakan dua nomor tersebut kepada orang lain. Bahkan kepada anggota keluarga sendiri

Kelima, Pastikan Menandatangani Kartu Kredit

Tanda tangan yang kamu buat pada bagian belakang kartu merupakan penanda kepemilikan yang sah terhadap kartu tersebut.

Selain menjadi penanda bahwa kartu tersebut sah milikmu, adanya tanda tangan juga dapat menghindarkan dari adanya penipuan.

Selain kemudahan bertransaksi dengan kartu kredit, kamu juga bisa mendapatkan peluang untuk mendapatkan hadiah Samsung A71 dari program #BankSinarmas yang bertajuk Hip Hip Horai. Lucky Dip Hip Hip Horai Merupakan program loyalty untuk nasabah Bank Sinarmas, khususnya untuk pengguna aplikasi mobile banking Simobiplus.

Caranya cukup mudah download,install aplikasi dan lakukan aktivasi, Setelah itu  kamu akan mendapatkan tiket yang bisa diundi untuk mendapatkan hadiah menariknya.  Nah, kamu juga bisa mendapatkan tiket tambahan setiap transaksi dengan menggunakan aplikasi sehingga kesempatan untuk mendapatkan hadiah nya semakin besar.  klik di sini https://www.banksinarmas.com/id/promosi/hip-hip-horai untuk informasi lengkapnya. Periode promosi berlaku dari 9 Maret – 9 September 2020.

Ayo ikuti program undian nya dan dapat kan hadiah menariknya! Program undian #Hiphiphorai #BiasakanSekarangLuarBiasaNanti #BankSinarmas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *