Thursday, April 25, 2024
Home > BISNIS > Cara Efektif Usir Stress Saat Sedang Berusaha Cepat Hamil

Cara Efektif Usir Stress Saat Sedang Berusaha Cepat Hamil

cepat hamil

Pikiran yang kacau dan perasaan stress ternyata berpengaruh dalam menghambat kehamilan. Tentu hal tersebut tidak diinginkan oleh pasangan yang ingin berencana memiliki anak. Pasangan harus lebih berhati-hati, jika stress melanda jangan dibiarkan terlalu lama agar kondisi psikis dan fisik memburuk. Anda perlu mengambil langkah yang tepat untuk mengusir supaya cepat hamil. Tips berikut bisa Anda ikuti dalam menyingkirkan stress.

cepat hamil
Cepat hamil
  1. Berpikir Secara Positif

Stress biasanya diikuti dengan perasaan cemas. Jangan sampai Anda membiarkan perasaan tersebut dan membuat diri menjadi muram sepanjang waktu. Singkirkan sejenak pikiran dan aura negatif, baca dan ingatlah kata-kata penyemangat agar tetap berpikir positif. Tanamkan kalimat seperti “Aku dan suami sudah melakukan segala hal untuk berusaha hamil,” pada pikiran dan hindari mengkhawatirkan anggapan orang lain tentang Anda.

  1. Memanjakan Diri Sendiri

Langkah lain dalam mengusir stress yaitu bisa dengan memanjakan diri sendiri. Coba untuk menghibur diri sendiri dengan melakukan berbagai aktivitas yang ingin dilakukan atau disukai. Contohnya seperti pergi ke spa, berkumpul bersama teman-teman, melakukan hobi, dan lain sebagainya. Pastikan juga kegiatan yang Anda lakukan positif dan mengubah mood jadi lebih positif. Selanjutnya, atur pola makan dan gaya hidup untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Hindari hal-hal yang memberikan dampak buruk bagi tubuh, yaitu merokok atau minum alkohol karena dapat menghambat kehamilan.

  1. Menuangkan Emosi dalam Bentuk Tulisan

Menuangkan emosi ke dalam jurnal atau buku harian ternyata berpengaruh pada suasana hati Anda. Aktivitas ini, membuat Anda lebih memahami diri sendiri dan mencari tahu akar dari permasalahan stress. Sebagai contoh, timbul perasaan cemas karena tinggal Anda sendiri yang belum hamil di antara teman-teman atau khawatir dan takut terjadi mandul. Menuangkan hal-hal bersifat pribadi dalam bentuk tulisan membantu Anda dalam mencari solusi terbaik ketika berhadapan dengan stress.

  1. Olahraga

Dapat dipastikan bahwa olahraga punya segudang manfaat bagi tubuh dan pikiran. Olahraga terbukti membuat Anda merasa lebih bahagia. Jadi, tak ada salahnya untuk rutin berolahraga dan menyempatkan waktu paling tidak 30 menit hingga 1 jam setiap harinya. Namun, jangan sampai terlalu memaksakan diri. Aktivitas fisik yang berlebihan akan memberi dampak buruk dan menghambat program cepat hamil. Lakukan gerakan olahraga yang ringan dan sesuai dengan kemampuan Anda. Jika perlu, ajak juga pasangan untuk berolahraga bersama agar kualitas hubungan pun ikut meningkat.

  1. Mencari Bantuan Profesional

Meski telah melakukan berbagai cara, namun Anda masih merasakan stress maka jalan terbaik yaitu dengan mencari bantuan profesional. Terlebih bagi pasangan yang sudah berusaha sekeras mungkin agar cepat hamil selama lebih dari enam bulan atau setahun tanpa ada hasil. Pada wanita yang mengalami stress berat, hormon kortisol dan epinefrin meningkat cukup tajam. Hormon tersebut mempengaruhi produksi protein pada dinding rahim. Jika tubuh kekurangan protein tersebut membuat telur yang sudah dibuahi sulit melakukan implantasi atau menempel pada dinding rahim.

Mengurangi hormon stress, akan berpengaruh pada produksi protein dan membuat keadaan menjadi normal kembali. Anda dapat menghampiri dokter kandungan untuk mencari tahu penyebab stress dan apa yang menyulitkan terjadinya kehamilan.

Jika hasil dari pemeriksaan dokter hanya butuh waktu yang lebih lama saja, maka Anda bisa melanjutkan berkonsultasi pada psikolog atau terapis. Psikolog dan terapis akan mendampingi Anda serta pasangan dalam mengendalikan stress ketika menjalani program kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *