Friday, April 26, 2024
Home > BISNIS > Bayar Tagihan PDAM Online Jadi Lebih Mudah dengan Aplikasi SimobiPlus

Bayar Tagihan PDAM Online Jadi Lebih Mudah dengan Aplikasi SimobiPlus

Bayar tagihan PDAM Online

Dulu, sebelum teknologi berkembang seperti saat ini, bayar tagihan PDAM dilakukan secara langsung dengan mendatangi kantor. Namun, akibat perkembangan teknologi, kini kita bayar tagihan PDAM online hanya dengan gadget yang setiap hari kita genggam.

PDAM (Perusahaan Air Minum) adalah usaha milik daerah yang bergerak dalam bidang pendistribusian air bersih kepada masyarakat. Perusahaan daerah tersebut dikelola oleh aparat eksekutif dan legislatif yang ada di daerah setempat. Untuk mendapatkan akses pendistribusian air bersih dengan lancar, maka masyarakat diwajibkan untuk membayar iuran bulanan. Apabila terdapat keterlambatan pembayaran, maka yang bersangkutan tidak akan mendapat jatah pendistribusian air bersih.

Sistem yang saat ini digunakan oleh PDAM adalah sistem bayar bulan berjalan dengan batas waktu selama 3 bulan. Artinya, apabila ada warga yang tidak membayar tagihan selama 3 bulan, maka saluran pendistribusian air ke rumah akan diputus. Apabila warga tersebut tidak membayar tagihan untuk bulan ini dan hanya membayar untuk bulan berikutnya, maka hal seperti itu dikategorikan dalam penunggakan pembayaran 1 bulan.

Bayar tagihan PDAM Online
Bayar tagihan PDAM Online

Jika jumlah penunggakan sudah 3 bulan, maka saluran pendistribusian air bersih ke rumah akan diputus hingga yang bersangkutan membayar tagihan dan denda. Tagihan dan denda tersebut akan dibebankan setiap tanggal 23. Apabila penunggakan dibiarkan begitu saja, pemasukan daerah tentu akan sangat terhambat, sehingga lambat laun proses pendistribusian air bersih itu tidak akan berjalan lancar hingga sampai ke pemukiman.

 Sedangkan untuk warga sendiri, mereka tentu tidak mendapatkan saluran pendistribusian air bersih, padahal air bersih sangatlah penting untuk aktivitas keseharian di rumah.

Cara Menggunakan Aplikasi Simobi Plus Untuk Bayar Tagihan PDAM Online

Ada berbagai alasan seseorang melakukan penunggakan pembayaran tagihan PDAM. Salah satunya adalah karena mereka terlalu malas berjalan ke tempat pembayaran tagihan. Penyebab mereka malas pergi ke kantor pembayaran pun bisa beraneka ragam.

Nah, Untuk mengatasi hal tersebut, kini anda tidak perlu khawatir lagi karena sudah adala Bank Sinarmas  yang siap membantu anda untuk membayar tagihan PDAM secara online. Jadi, anda tidak perlu repot – repot untuk datang ke kantor pajak lagi.

Nah, bagaimana caranya? Berikut adalah ulasannya

  1. Pertama – tama, anda harus memasang aplikasi Simobi Plus di gadget anda. Untuk Pengguna Android, anda bisa mendapatkan aplikasi tersebut di Play Store. Sedangkan, jika anda pengguna iOS, anda bisa mendapatkan aplikasi tersebut lewat App Store.
  2. Setelah aplikasi Simobi Plus terpasang, maka selanjutnya anda harus login dulu ke akun SimobiPlus dengan cara klik Login. Namun, jika anda belum memiliki akun Simobiplus, anda harus mendaftar lebih dulu. Pendaftaran bisa dilakukan lewat Internet banking.
  3. Setelah berhasil login, klik menu “Pay” pada bagian kiri bawah. Setelah itu, akan ada jendela bertuliskan “What would you like to pay?”. Pilih ikon keran bertuliskan “water”
  4. Isi kolom yang tersedia. Anda akan diminta untuk memasukan nama biller PDAM, nomor konsumen, dan kode area. Klik Next jika sudah selesai.
  5. Aplikasi SimobiPlus akan menampilkan pemberitahuan berupa rincian tagihan. Untuk membayarnya, anda tinggal klik “Next” dan masukan EasyPin. Transaksi selesai dan kini anda sudah tidak memiliki tunggakan tagihan lagi.

Bagaimana? Mudah sekali bukan? Cara ini sangat pas untuk dilakukan bagi anda yang merupakan orang sibuk dan memiliki jam terbang kerja yang tinggi. Tidak perlu datang ke kantor pajak, cukup bayar tagihan PDAM online lewat aplikasi SimobiPlus. Lebih cepat dan praktis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *