Wednesday, March 27, 2024
Home > BISNIS > Bunda, Ketahui Tips Menyapih Anak yang Tepat Berikut Ini

Bunda, Ketahui Tips Menyapih Anak yang Tepat Berikut Ini

tips menyapih anak

Menyapih Si Kecil untuk menyusu terkadang memang menjadi masa yang emosional bagi Bunda dan Si Kecil. Kebanyakan bayi tentu akan memperoleh ketenangan dengan menyusu dari payudara ibunya secara langsung. Oleh sebab itu, proses menyapih memang membutuhkan banyak adaptasi. Namun, Bunda tidak perlu khawatir, sebab menyapih bukanlah sebuah akhir ikatan intim antara ibu serta anak. Ada beberapa tips menyapih anak yang perlu Bunda perhatikan, supaya proses menyapih bisa berjalan dengan lancar dan Si Kecil tidak menjadi rewel.

Lalu bagaimana cara untuk memulainya? Masa menyapih bisa dimulai sesuai dengan kebutuhan serta karakter masing-masing anak dan juga ibu. Berikut tips menyapih anak yang bisa Bunda jadikan sebagai patokan umum dalam memulai proses menyapih:

 

  • Mulai secara perlahan-lahan

 

Proses menyapih yang dilakukan secara bertahap bukan hanya bermanfaat untuk Si Kecil, namun juga untuk Bunda. Produksi ASI akan menurun secara bertahap jika Bunda mengurangi frekuensi menyusui secara perlahan. Pengurangan secara perlahan ini sangat penting agar Bunda terhindar dari resiko payudara bengkak dan juga nyeri.

tips menyapih anak
tips menyapih anak

 

  • Usahakan menyapih di siang hari

 

Bayi pada umumnya akan menyusu di pagi serta malam hari. Bunda bisa memulai menyapih secara bertahap dengan cara berhenti menyusui Si Kecil di siang hari. Bunda bisa menggantinya dengan memberikan makanan padat, namun tetap memberikan ASI pada malam hari.

 

  • Ganti satu waktu pemberian ASI dengan susu dalam botol atau gelas

 

Bunda tetap bisa mengikuti jadwal menyusui yang sama selama satu minggu pertama. Lalu, pada minggu berikutnya, Bunda dapat menambahkan waktu untuk memberikan susu pertumbuhan melalui gelas atau botol serta mengurangi pemberian ASI secara langsung. 

Itulah beberapa tips menyapih anak yang bisa Bunda terapkan saat mulai menyapih Si Kecil. Saat Si Kecil berhasil disapih, Bunda bisa melengkapi nutrisinya dengan memberikan susu pertumbuhan seperti DANCOW 1+ dengan Nutritions #Toddler Expert. Susu yang kaya akan nutrisi ini diformulasi khusus untuk anak usia 1-3 tahun. Terdapat berbagai nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil untuk mendukung tumbuh kembangnya, seperti protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin. Jadi, Bunda tidak perlu ragu bilang #Iya Boleh pada Si Kecil dan dukung Si Kecil bebas bereksplorasi bersama DANCOW GUM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *