Friday, April 26, 2024
Home > BERITA > Tahapan Tumbuh Kembang Bayi di Tahun Pertamanya

Tahapan Tumbuh Kembang Bayi di Tahun Pertamanya

tumbuh kembang bayi

Anak merupakan anugerah terindah bagi semua pasangan. Setiap orang tua pasti ingin mendukung tumbuh kembang bayi mereka agar berjalan dengan optimal. Salah satu cara mendukung tumbuh kembang si Kecil yaitu dengan memerhatikan pertumbuhan dan perkembangan si Kecil, terutama di tahun pertama kehidupannya. Selain itu, memerhatikan tumbuh kembang anak juga bisa membuat Anda tahu apakah si Kecil tumbuh dengan normal. Langsung saja, berikut ini adalah pembahasannya:

Bayi di Bulan Pertama

Pada bulan pertama kelahiran si Kecil, mereka baru bisa melakukan hal-hal yang bersifat refleksif atau reaksi otomatis. Ketika sistem saraf matang, mereka akan memikirkan hal yang ingin dilakukan. Dua refleks yang dimiliki oleh bayi di bulan pertama yaitu refleks mulut dan refleks memegang. Bayi akan refleks menyusu apabila bibir atau mulut disentuh serta akan menggenggam apabila ada benda diletakkan di telapak tangan.

tumbuh kembang bayi
tumbuh kembang bayi

Bayi Usia 1-3 Bulan

Tahapan tumbuh kembang bayi usia 1-3 bulan lebih aktif dan juga responsif. Refleks di awal kelahirannya akan mulai menghilang. Selain itu, penglihatan lebih aktif dibandingkan sebelumnya. Mereka sudah bisa mengikuti objek bergerak dan mengenali suara yang familiar. 

Bayi Usia 4-7 Bulan

Di usia 4-7 bulan, bayi akan mulai belajar bagaimana caranya mengkoordinasikan antara penglihatan, pendengaran, dan sentuhan. Kemampuan motorik juga mulai berkembang misalnya seperti sudah mampu berguling, menggenggam, duduk, kemudian merangkak.

Bayi Usia 8-12 Bulan

Memasuki usia 8-12 bulan, tumbuh kembang si Kecil sudah sangat terlihat. Mereka mulai bisa duduk sendiri tanpa adanya dukungan. Selain itu, si Kecil juga mulai mencari cara bagaimana untuk berguling dan duduk sendiri melalui posisi tersebut. Hal tersebut adalah proses merangkak yang biasanya terjadi saat si Kecil berusia 7-10 bulan.

Itulah tahapan tumbuh kembang bayi di awal kehidupan mereka. Jika sudah memasuki usia 6 bulan, Anda bisa memberikan MPASI dari Nestle CERELAC yaitu Nestle CERELAC Risenutri, Nestle CERELAC Bubur Sereal, dan Nestle CERELAC Bubur Sereal Susu. Banyak varian rasa yang disediakan untuk disesuaikan dengan selera si Kecil. Dapatkan Nestle CERELAC di minimarket ataupun supermarket terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *