Tuesday, May 18, 2021
Home > BERITA > 5 Nutrisi Otak Anak yang Wajib Diketahui

5 Nutrisi Otak Anak yang Wajib Diketahui

nutrisi otak anak

Nutrisi tidak hanya bagus untuk tubuh si kecil. Selain itu, ada juga nutrisi otak anak yang bagus untuk mengoptimalkan perkembangan otak si kecil. Namun sayangnya, tidak semua orangtua tahu jenis-jenis nutrisi untuk otak. Sehingga sedikit orangtua yang memberikan makanan terbaik untuk perkembangan otak.

Di sini kami akan coba jelaskan jenis nutrisi otak si kecil agar bunda bisa memberinya setiap hari. Semua akan dibahas secara lengkap agar bunda bisa mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil mulai dari tubuh dan perkembangan otak si kecil.

Jenis-Jenis Nutrisi Otak

Ada beberapa jenis nutrisi yang bagus untuk perkembangan otak si kecil. Berikut kami sudah merangkumnya untuk Anda:

  1. Kandungan Omega-3

Asam lemak omega-3 dan DHA merupakan kandungan nutrisi yang bagus untuk anak-anak. Kandungan ini biasanya terdapat pada berbagai jenis makanan, salah satunya seperti ikan. Daging ikan kaya akan asam lemak omega -3 yang bagus untuk kecerdasan anak. Selain itu, minyak ikan juga memiliki kandungan yang serupa.

Selain untuk otak, kandungan nutrisi yang satu ini juga bagus sekali untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, ada banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh kandungan yang satu ini.

nutrisi otak anak
nutrisi otak anak
  1. Zat Besi

Bunda bisa mendapatkan zat besi untuk si kecil dari makanan-makanan seperti bayam, brokoli hingga susu. Zat besi tidak hanya bagus untuk kecerdasan otak si kecil. Kandungan ini juga bagus untuk pembentukan sel darah merah. Dengan zat besi, tubuh akan mendistribusikan sel darah merah yang membawa oksigen secara optimal.

Suplai darah dan oksigen ke otak sangat penting. Itulah kenapa,  zat besi masuk ke dalam kandungan yang bagus untuk menutrisi otak si kecil. Zat besi yang tinggi akan membuat anak fokus dan berkonsentrasi. Karena kedua hal tersebut bisa menjadi modal utama dalam proses belajar.

  1. Vitamin B12

Untuk membantu pertumbuhan otak si kecil, bunda bisa memberi multivitamin atau makanan yang kaya akan vitamin B12. Kandungan ini dapat membantu perkembangan saraf dan juga sel otak si kecil. Selain itu, vitamin B12 juga bagus untuk selubung mielin atau selaput pembungkus saraf.

Selubung mielin yang sempurna dapat membuat si kecil menjadi cepat dan tanggap saat menerima pelajaran di sekolahnya. Vitamin B12 bisa didapatkan pada makanan-makanan seperti telur, ikan, daging, dan susu sapi.

  1. Kandungan Omega-6

Selain omega-3, kandungan omega-6 juga bagus untuk otak si kecil. Fungsinya hampir sama dengan omega-3. Bunda bisa mendapatkan kandungan ini dari makanan seperti daging ikan. Selain itu juga bisa didapatkan pada minyak ikan.

Omega-6 juga bagus untuk merangsang pertumbuhan kulit dan rambut. Selain itu, juga bagus untuk kesehatan tulang dan juga sistem reproduksi. Selain pada ikan, si kecil juga bisa mendapatkan omega-6 dari almond, mete, dan kedelai.

  1. Kandungan Kolin

Kolin merupakan kandungan nutrisi yang mudah didapatkan pada daging dan susu sapi. Selain itu, kolin juga terdapat pada olahan-olahan susu seperti yoghurt dan keju. Fungsi dari kandungan ini yaitu dapat membantu zat memproduksi zat yang menyatukan ribuan sel otak. Zat tersebut bernama asetilkolin.

Jika ribuan sel-sel tersebut bisa berkomunikasi dengan baik, maka proses belajar anak-anak pun akan optimal. Dengan begitu, hasil belajar mereka pun akan menjadi lebih baik.

Demikian berbagai nutrisi otak anak yang penting sekali untuk diperhatikan. Bunda bisa memberi semua asupan nutrisi di atas dari berbagai makanan. Cocok untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak yang masih dalam masa pertumbuhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *