Tuesday, April 30, 2024
Home > BISNIS > Manfaat Finger Painting untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Manfaat Finger Painting untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

finger painting

Banyak orang tua yang masih awam dengan pentingnya finger painting untuk tumbuh kembang si buah hati. Mereka beranggapan bahwa aktivitas berani kotor ini menjijikkan dan tidak mendatangkan manfaat apa-apa. Padahal menurut banyak pakar, aktivitas melukis dengan jari ini dapat menstimulasi indra peraba si kecil. Selain itu, cara ini juga bisa merangsang kreativitas dan jiwa seni anak. Yuk, simak berbagai macam manfaat dari melukis dengan jari untuk tumbuh kembang si kecil di artikel berikut ini.

Manfaat Melakukan Finger Painting untuk Si Kecil

finger painting
finger painting

source: https://1.bp.blogspot.com/-vC0Yqa2n6Ec/Wdvtu3oGRZI/AAAAAAAAFMQ/69mV5gt1OCM_yvhqEDd4Ik9mqrdNK1UTgCLcBGAs/s1600/finger%2Bpainting.jpg

Berbicara mengenai definisi dari finger painting, aktivitas ini adalah sebuah teknik melukis dengan cara mengoleskan cat pada kanvas melalui goresan jemari dan telapak tangan. Hal ini berhubungan dengan pentingnya indra peraba pada metode pembelajaran Montessori. Lalu, apa saja macam-macam manfaat dari aktivitas melukis dengan jemari tangan ini pada anak usia dini?

  1. Melatih Motorik Halus

Pertama, melukis dapat melatih gerak motorik halus anak. Apalagi di aktivitas ini yang digunakan langsung adalah sapuan jemari tangan pada kanvas, maka selain melatih motorik, juga bisa untuk melenturkan jari mereka. Tentunya, hal ini akan berimbas baik pada kemampuan menulis mereka di sekolah nantinya.

  1. Mengembangkan Koordinasi Indra

Kedua, aktivitas ini mampu untuk mengembangkan koordinasi antar indra manusia. Ketika melukis dengan jari, maka mata dan tangan menjadi dua indra yang saling berkaitan dan saling berkoordinasi.

  1. Membantu Konsentrasi Anak

Selanjutnya, melukis dikenal mampu untuk membantu berkonsentrasi, memahami emosi, dan menjaga kreativitas. Oleh karena itu, melukis dengan jari bagi anak juga dapat membantu mereka untuk lebih fokus yang mana nantinya berguna ketika mereka belajar di sekolah.

  1. Mengenalkan Warna dan Bahasa

Terakhir, melukis dengan jari untuk anak-anak dapat membantu mereka lebih mengenal dengan warna dan bahasa. Pasalnya ketika melukis, anak akan secara ekspresif bertanya tentang warna-warna cat yang dipakai, bentuk-bentuk aktivitas baru seperti menyentuh, menggosok, atau mencoret, serta macam-macam kosakata seperti kata kasar, lengket, atau halus.

Demikian ulasan mengenai berbagai macam manfaat finger painting untuk tumbuh kembang si kecil. Semoga ulasannya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *