Thursday, April 11, 2024
Home > BISNIS > Alasan Industri Animasi Film Kartun Lucu Kian Populer

Alasan Industri Animasi Film Kartun Lucu Kian Populer

film kartun lucu

Jika kita perhatikan, film-film animasi dengan berbagai genre kini semakin populer dan menjadi favorit bagi masyarakat di seluruh dunia. Seiring dengan perkembangannya tersebut, maka tak heran jika bermunculan juga tempat-tempat belajar dan mendalami ilmu di bidang animasi maupun film kartun lucu, termasuk di Indonesia. Pendidikan animasi seperti ini pun telah memberikan jaminan untuk bekerja di industri perfilman animasi saat ini. Lantas, mengapa animasi dan film kartun seperti ini bisa menjadi begitu populer? Simak penjelasan selengkapnya dari International Design School (IDS) berikut ini.

film kartun lucu
film kartun lucu

source: https://www.idseducation.com/wp-content/uploads/2017/03/insideout2-xlarge.jpg

  1. Animasi kini disukai oleh segala usia 

Jika dulu kita merasa bahwa animasi ataupun film kartun hanya untuk anak-anak kecil saja, maka sekarang zaman telah berubah. Kini, bisa dikatakan bahwa semua umur dan kalangan menyukai melihat animasi dan film kartun. Bahkan, animasi pun kerap digunakan untuk kegiatan edukasi bagi orang dewasa, memberikan penyuluhan, hingga untuk kegiatan promosional. Dengan begitu, bisa kita simpulkan bahwa animasi dan film kartun saat ini sudah menjadi bagian dari industri dunia. 

  1. Animasi sebagai bentuk edukasi yang efektif 

Seperti yang telah dijelaskan diatas sebelumnya bahwa animasi telah memasuki berbagai industri termasuk ranah pendidikan. Banyak instansi pendidikan yang kini lebih mengutamakan penggunaan video animasi sebagai bagian dari materi pengajaran antara guru dan siswa. Penggunaan animasi ini bahkan dinilai lebih efektif ketimbang hanya menggunakan buku teori ataupun kegiatan mencatat dan semacamnya. Apalagi bagi pendidikan awal untuk balita hingga taman kanak-kanak, video animasi serta film kartun lucu sangat berpengaruh dalam memberikan pengajaran. Jadi, bagi Anda yang sedang menimba ilmu animasi, atau hendak menjadi seorang animator, jangan ragu lagi untuk memulai. 

  1. Animasi sebagai bagian dari penyampaian informasi 

Seorang desainer interaktif bernama Chris Gannon sempat memberikan pendapatnya yang menyatakan bahwa saat ini, masyarakat dunia telah berubah menjadi sibuk dan terburu-buru, serta hanya memiliki waktu yang singkat. Dengan demikian, animasi di nilai mampu menyampaikan berbagai ide, tujuan, serta maksud yang kompleks dengan waktu singkat dan mudah dicerna oleh siapa yang melihat. 

Ini terbukti bila kita melihat berbagai website ataupun sosial media yang banyak memberikan konten berupa animasi untuk menyampaikan informasi tertentu kepada para audience. Semakin banyak informasi yang beredar, maka peran serta animasi akan terus ikut berkembang di dalamnya. 

  1. Animasi penting untuk branding dan menarik perhatian konsumen 

Dengan adanya kemajuan teknologi animasi saat ini, membuat proses storytelling atau proses pembentukan citra sebuah brand menjadi lebih mudah, sekaligus mampu menarik perhatian konsumen dengan cara yang efektif. Hal ini pun telah dibenarkan oleh Senior Digital Designer di Lightful, Bruno La Versa, yang menyatakan bahwa untuk urusan dunia digital, animasi sangat memberikan keuntungan bagi para pemilik brand untuk menyampaikan apa maksud mereka kepada konsumen dengan cara yang dinamis serta efektif.

Maka tak heran jika kita melihat berbagai macam produk dan brand yang berlomba-lomba untuk menggunakan animasi atau film kartun untuk kegiatan promosinya seperti iklan di digital, ataupun media televisi. 

Dengan berbagai penjelasan diatas, kita tentu bisa mengambil kesimpulan bahwa industri animasi di dunia dan Indonesia semakin berkembang. Tak jarang banyak perusahaan yang membutuhkan jasa pembuatan animasi serta membutuhkan skill dari seorang animator. Untuk itu, segeralah raih mimpi Anda untuk menjadi seorang animator handal dengan bergabung bersama International Design School (IDS). 

Untuk informasi selengkapnya, silahkan kunjungi www.idseducation.com dan temukan berbagai pengetahuan serta teknologi terbaru seputar dunia animasi, film kartun lucu dan desain grafis. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *