Wednesday, October 28, 2020
Home > BISNIS > 4 Pertimbangan Sebelum Kuliah Sambil Kerja

4 Pertimbangan Sebelum Kuliah Sambil Kerja

kuliah sambil kerja

Saat ini ada cukup banyak universitas di Indonesia yang menyediakan kuliah kelas karyawan. Hal tersebut tidak lain lantaran semakin tingginya peminat kelas ini. Kuliah sambil kerja memang menghadirkan banyak keuntungan seperti pengalaman lebih, meningkatkan karir, dan lain sebagainya.

Namun kuliah dan bekerja yang dilakukan secara bersama-sama bukanlah hal yang mudah. Oleh sebab itu, perlu beberapa pertimbangan sebelum Anda memutuskan kuliah sambil bekerja. Langsung saja, berikut ini adalah pertimbangan-pertimbangannya:

Jurusan yang Diambil

Pertimbangan pertama yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan untuk kuliah sambil bekerja adalah memilih jurusan yang diambil. Hal ini juga berkaitan dengan tujuan Anda ketika memutuskan untuk kuliah dan bekerja. Anda ingin mengambil jurusan yang sesuai dengan pekerjaan saat ini atau mengambil jurusan lain sesuai passion. Pertimbangkan dengan baik agar Anda tidak menyesal karena merasa salah jurusan. Pada umumnya, mereka yang sudah bekerja mampu menentukan jurusan dengan baik karena telah memiliki pengalaman di dunia kerja.

kuliah sambil kerja
kuliah sambil kerja

Jam Kuliah

Setelah menentukan jurusan yang diambil, selanjutnya Anda harus mempertimbangkan jam kuliah. Hal ini berhubungan dengan manajemen waktu yang harus Anda lakukan antara pekerjaan dan perkuliahan. Sebagai contoh jika mata kuliah berlangsung di malam hari dan Anda juga bekerja di malam hari maka hal tersebut akan menjadi halangan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mencari perguruan tinggi yang menyediakan kelas karyawan dengan jadwal fleksibel. Pasalnya, kelas karyawan memiliki jam kuliah yang disesuaikan dengan jadwal kerja mahasiswa.

Tugas Kuliah

Apabila jam kuliah sudah tidak menjadi masalah, hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah tugas kuliah. Ingatlah bahwa perkuliahan memiliki tugas yang padat, tidak sama seperti waktu sekolah. Anda yang sudah memiliki pekerjaan dari kantor akan ditambah dengan tugas kuliah yang banyak. Anda harus siap dengan berbagai tugas kuliah yang nanti akan dihadirkan ketika memutuskan kuliah sambil kerja. Namun beberapa perguruan tinggi memiliki tugas yang disesuaikan dengan keadaan dunia kerja sehingga lebih menguntungkan.

Lama Studi

Hal terakhir yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih untuk bekerja dan berkuliah adalah lama studi. Pada umumnya, sarjana atau S1 membutuhkan waktu selama 4 tahun atau bahkan lebih apabila skripsi belum diterima. Jadi Anda yang ingin kuliah sambil bekerja harus siap menjalankan aktivitas padat selama 4 tahun penuh. Jangan sampai Anda tidak sanggup menjalankan perkuliahan di tengah jalan sehingga harus menyerah. Oleh sebab itu, sangat penting mempertimbangkan kesiapan mental untuk menjalankan perkuliahan dan pekerjaan secara bersama-sama agar tidak mengganggu salah satunya.

Itulah berbagai pertimbangan yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan untuk kuliah sambil kerja. Apabila sudah mantap dan serius ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, maka selanjutnya Anda perlu memilih perguruan tinggi yang mampu mengembangkan skill Anda dan juga membantu untuk lebih siap menghadapi dunia kerja. STMIK Indo Daya Suvana atau IDS Digital College menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin kuliah di bidang ilmu komputer.

Institusi pendidikan tinggi ini memiliki banyak kelebihan seperti kurikulum bertaraf internasional, berinvestasi pada lebih dari 80 startups, serta menerapkan pendekatan real world assignment yaitu tugas dengan pendekatan riil dalam profesional IT sehingga mahasiswa lebih siap untuk bekerja. Ada beberapa program studi yang ditawarkan diantaranya yaitu software engineering, cyber security dan mobile apps and games development. Selengkapnya mengenai IDS Digital College bisa Anda lihat sendiri ids.co.id.bangan terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *