Saturday, April 20, 2024
Home > BISNIS > 5 Profesi yang Membutuhkan Keahlian Membuat Animasi

5 Profesi yang Membutuhkan Keahlian Membuat Animasi

kursus animasi

Saat ini, animasi menjadi kebutuhan di berbagai bidang pekerjaan sehingga kursus animasi semakin diminati oleh para calon karyawan maupun karyawan sebuah perusahaan. Bahkan pemimpin perusahaan juga berusaha menguasai keahlian membuat animasi sehingga bisa membuat contoh yang baik kepada karyawannya.

Di Indonesia banyak sekolah-sekolah yang membuka kursus dan jurusan animasi, salah satunya STMIK IDS Digital College. Sekolah ini berfokus pada pemberian pembelajaran untuk mempersiapkan mahasiswa maupun peserta kursus memenuhi tuntutan lapangan kerja di era Disrupsi Teknologi.

Saat ini, bukan hanya bidang komputer saja yang memerlukan keahlian animasi, tapi juga semua bidang lainnya. Oleh sebab itu, animasi tidak hanya harus dipelajari para pekerja di industri komputer saja, tapi juga industri lainnya.

Profesi yang Perlu Keahlian Animasi

Animasi memang kebutuhan di segala bidang usaha saat ini, bahkan juga merambah ke dunia pendidikan dan jasa. Jika Anda memiliki tambahan keahlian animasi akan sangat membantu dalam meningkatkan karier dan peluang usaha. Berikut beberapa profesi yang perlu keahlian animasi:

  • Guru atau Pengajar dan Dosen

Seorang guru atau tenaga pengajar maupun dosen memiliki tugas untuk menggunakan pengetahuan yang dimiliki membantu orang lain. Dalam hal ini, membagi ilmu yang dimiliki kepada orang lain.

Di era digital saat ini berbagi ilmu bukan hanya dengan memberikan materi secara lisan dan tulisan, tapi juga menggunakan teknologi digital, yaitu lewat animasi. Media pembelajaran animasi dapat membantu siswa maupun mahasiswa agar tidak bosan saat belajar dan lebih cepat mengerti mengenai materi yang diajarkan.

kursus animasi
kursus animasi

  • Marketer

Mengikuti kursus animasi juga penting bagi seorang marketer atau tenaga penjual. Jika ingin produk yang dijual cepat laku dan memberikan keuntungan memang memerlukan media iklan untuk menarik konsumen. Saat ini, mengiklankan produk melalui dunia digital lebih menarik bagi konsumen karena kebanyakan orang lebih suka online.

Dengan memiliki keahlian membuat animasi, Anda bisa membuat iklan yang lebih menarik dan menjual sehingga semakin banyak produk yang berhasil dipasarkan. Semakin tinggi penjualan akan berpengaruh pada tinjauan kinerja Anda.

  • Pemilik Usaha Kecil dan Menengah

Pemilik usaha juga menjadi salah satu target yang cocok belajar animasi dan desain grafis. Karena pemilik usaha bisa membuat berbagai iklan dan promosi sendiri jika punya keahlian membuat animasi. Hal ini akan membuat pelaku usaha meminimalkan biaya pembuatan iklan sebab bisa dibuat sendiri.

  • Karyawan dan Staf Perusahaan

Jika Anda adalah seorang karyawan atau staf di sebuah perusahaan, maka memiliki keahlian sebagai animator juga sangat diperlukan. Pertama, Anda dapat menggunakannya untuk membuat presentasi yang bagus, unik, dan menarik. Kedua, kemampuan membuat presentasi yang menarik akan membuat Anda diperhatikan atasan sehingga kesempatan peningkatan karier makin besar.

  • Trainer

Bagi seorang trainer hal penting untuk membuat peserta pelatihan tertarik mengenai materi yang dibawakan. Bukan hanya dari segi penguasaan materi saja perlu diperhatikan, tapi juga tampilan dari slide ketika melakukan pelatihan penting diperhatikan.

Membuat lembar-lembar slide yang jelas dan mudah dipahami merupakan hal paling penting. Namun, menambahkan animasi-animasi atau membuat gambar bergerak tentu akan membuat presentasi menjadi lebih menarik dan mudah dipahami.

Kesimpulannya, semua bidang usaha maupun jasa perlu adanya ahli animasi. Dengan mendapatkan pendidikan di STMIK IDS Digital College yang fokus pada area pengembangan sumber daya manusia, yaitu bimbingan karier, pelatihan formal & non-formal, serta kesempatan kerja di beberapa perusahaan start up.

Adanya persiapan yang mantap melalui pendidikan di STMIK IDS Digital College, Anda akan siap memasuki dunia kerja dan menghadapi tantangan teknologi. Jadi, segera daftarkan diri Anda dan ikuti kursus animasi untuk pengembangan karier.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *