Saturday, January 15, 2022
Home > BISNIS > Aturan Membuat MPASI yang Tepat Bagi si Kecil

Aturan Membuat MPASI yang Tepat Bagi si Kecil

MPASI

Pemberian MPASI atau Makanan Pendamping ASI, memang harus dilakukan ketika anak sudah berusia 6 bulan. Apalagi bagi anak yang sudah berusia satu tahun ke atas, pemberian makanan pendamping yang tepat, harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. 

Namun, cara pembuatannya juga harus diperhatikan. Jangan asal memberikannya tanpa tahu bagaimana aturan membuatnya. Dengan begitu, si Kecil bisa mendapatkan manfaat dari makanan pendamping ASI yang diberikan. Kira-kira, apa saja aturan membuatnya? Berikut ini penjelasan lengkap mengenainya. 

Aturan Membuat MPASI

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat MPASI bagi si kecil. Beberapa aturan tersebut di antaranya yakni sebagai berikut: 

  1. Perhatikan Kebersihan 

Aturan pertama yakni harus memperhatikan kebersihan dari apa saja yang digunakan untuk membuat MPASI. Misalnya saja, mencuci berbagai bahan-bahan yang akan diolah dengan air mengalir. Selain itu, jangan lupa juga untuk membersihkan peralatan yang akan digunakan untuk mengolahnya. 

  1. Menggunakan Air Bersih dan Matang

Air yang nantinya akan digunakan atau dicampurkan ke dalam MPASI, harus merupakan air bersih dan matang. Air tersebut, harus steril dan bersih dari berbagai bakteri jahat, parasit, virus, jamur, serta partikel mineral yang tidak dibutuhkan. Dengan begitu, manfaat MPASI bisa lebih dirasakan oleh si Kecil. 

  1. Jangan Menghaluskan Bahan-bahan dengan Blender

Penggunaan blender untuk menghaluskan bahan-bahan yang akan diolah, memang tidak disarankan. Pasalnya, blender bisa mengurangi gizi yang terkandung di dalamnya. Prinsip menggunakan blender, hampir sama dengan memanaskan sayuran berkali-kali dan akan mengurangi kandungan gizi di dalamnya. 

Sangat disarankan untuk menghaluskannya dengan ulekan, cobek, lumpang, ataupun alu. Dengan begitu, gizi yang ada di dalamnya akan tetap terjaga.

MPASI
MPASI
  1. Jangan Dimasak Terlalu Lama

Overcook atau kegiatan memasak yang terlalu lama, juga bisa menghilangkan nutrisi. Dibandingkan merebus, lebih baik memasaknya dengan cara dikukus. Aturan ini, harus dilakukan pada semua jenis makanan. Namun tetap saja, kamu harus memperhatikan bahwa sayur yang dimasak sudah matang. 

Selain mengetahui aturan untuk membuat MPASI, kamu juga bisa menambahkan asupan Dancow Gum yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhannya. Kandungan Laktosa yang tinggi serta Lactobacillus Rhamnosus, akan membuat si Kecil mendapatkan perlindungan serta akan mengoptimalkan pertumbuhannya. 

Dengan Dancow Gum, masa pertumbuhan si kecil akan maksimal dan eksplorasinya akan didukung dengan optimal. Dancow Gum, diformulasikan khusus untuk anak yang berusia 1 – 3 tahun. Jadi, bagi orangtua yang ingin memaksimalkan pertumbuhan anak, Dancow Gum merupakan pilihan yang tepat untuk diberikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *