Wednesday, March 27, 2024
Home > BISNIS > Penting Diketahui Orang Tua, Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Anak

Penting Diketahui Orang Tua, Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Anak

cara mengatasi sakit perut pada anak

Saat anak mengalami masalah kesehatan seperti sakit perut, orang tua tentunya menjadi yang paling khawatir. Ini karena banyak dampak yang bisa ditimbulkan saat anak sakit, terlebih sakit perut seperti pada pola makan anak, gangguan saat tidur, gangguan pencernaan, sampai dengan gangguan suasana hati anak.

Dari itu sebagai orang tua penting mengetahui apa saja cara mengatasi sakit perut pada anak dengan aman dan tentunya bisa mengembalikan senyuman anak. Namun hal yang paling terpenting, kita sebagai orang tua tentunya harus memperhatikan asupan bergizi seperti susu nutricia, yang bisa membantu membangun sistem imun anak untuk menangkal bakteri penyebab sakit seperti sakit perut pada anak.

Anak yang mengalami sakit perut bisa diakibatkan dari berbagai hal seperti konsumsi makanan tertentu atau bisa juga alergi terhadap makanan. Penyebab lainnya yang bisa menjadi penyebab anak mengalami sakit  perut juga bisa berasal dari masalah pencernaan, infeksi radang tenggorokan, kecemasan atau stres, dan yang lainnya. Untuk itu sebagai cara mengatasi sakit perut pada anak yang efektif bisa dilakukan dengan melakukan cara-cara sebagai berikut.

cara mengatasi sakit perut pada anak
cara mengatasi sakit perut pada anak
  1. Lakukan pengompresan pada perut anak. Mengompres perut anak dengan air hangat bisa mengurangi rasa sakit yang dialami anak. Cara ini juga aman dan pastinya tanpa ada efek samping pada anak. Sebelum mengompres anak perhatikan terlebih dahulu  hangatnya air yang digunakan, karena suhu hangat yang dihasilkan bisa memberikan efek yang nyaman bagi anak.
  2. Berikan buah pepaya. Memberikan buah pepaya bisa menjadi cara selanjutnya untuk mengatasi anak yang sakit perut. Buah pepaya sangat efektif mengatasi sakit perut, apalagi sakit perut yang disebabkan karena konstipasi. Ini karena dalam buah pepaya terkandung enzim papain yang bermanfaat dalam menurunkan tingkat keasaman dalam perut serta memecah protein. Sejak zaman dahulu banyak juga orang tua yang memanfaatkan buah pepaya untuk obat sakit perut anaknya.
  3. Berikan air jahe. Rasa hangat yang ditimbulkan dari minuman jahe bisa membuat perut anak menjadi lebih nyaman. Ini karena kandungan gingerol dan antioksidannya yang bermanfaat dalam menurunkan produksi radikal bebas. Selain itu pada jahe juga memiliki sifat anti inflamasi yang membuat gejala sakit perut menjadi reda. Rasa mual dari sakit perut juga bisa hilang dengan memberikan air jahe pada anak.
  4. Yogurt. Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang mengalami sakit perut yaitu dengan memberikan yogurt. Yogurt terkenal sebagai makanan yang kaya akan probiotik, ini karena kandungan bakteri baik pada yogurt yang tinggi sehingga bermanfaat dalam  mengatasi masalah sakit perut atau pencernaan pada anak. Konsumsi yang rutin dari yogurt juga bermanfaat dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh pada anak.
  5. Konsumsi madu. Memberikan madu juga bisa menjadi cara untuk mengatasi sakit perut yang dialami anak ini karena dalam madu terkandung sifat anti bakteri yang baik untuk kesehatan. Akan tetapi untuk madu hanya disarankan untuk anak yang usianya di atas satu tahun. Sangat tidak disarankan memberikan madu untuk anak dibawah usia satu tahun. 
  6. Berikan makanan yang hambar atau tawar. Kondisi perut yang sakit bisa bertambah jika diberikan konsumsi makanan dengan campuran bumbu yang kuat, dari itu memberikan makanan yang hambar atau tawar bisa menjadi pilihan tepat. Untuk pilihan makanan ini bisa diberikan seperti roti tawar, oatmeal, dan juga pasta, dengan memberikan makanan tawar maka iritasi pada perut yang sakit tidak akan bertambah parah.

Perlu diketahui orang tua setelah melakukan berbagai cara untuk mengatasi sakit perut pada anak, jika rasa sakitnya lama dan bertambah parah pada anak sebaiknya langsung membawanya ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *