Monday, September 20, 2021
Home > BISNIS > 5 Hal yang Membuat Pembayaran Listrik Jadi Mahal

5 Hal yang Membuat Pembayaran Listrik Jadi Mahal

pembayaran listrik

Kehidupan masyarakat kini membutuhkan aliran listrik, baik di wilayah perkotaan maupun pedesaan. Namun, banyak orang mengeluh bahwa pembayaran listrik semakin mahal, tanpa disadari hal ini karena keteledoran anda sendiri. Meskipun penggunaan listrik sehari-hari tidak begitu banyak, tetapi ini bisa terjadi karena kesalahan penggunaan listrik dalam kehidupan sehari-hari. Nah, agar tagihan pembayaran listrik anda tidak membengkak, anda bisa memperhatikan 5 hal yang membuat pembayaran listrik jadi mahal.

  • Boros dalam penggunaan lampu

pembayaran listrik
pembayaran listrik

Penyebab membengkaknya tagihan pembayaran listrik biasanya disebabkan oleh boros dalam penggunaan lampu. Misalnya penggunaan lampu disiang hari padahal tidak digunakan, hal ini termasuk faktor yang membuat tarif pembayaran listrik akan membengkak. Seiring majunya teknologi, kini mulai marak dipasaran lampu LED. Dengan berbagai merk dan macam, sesuai kualitas yang dibutuhkan. Lampu LED ini merupakan jenis lampu dengan daya konsumsi listrik yang rendah. Membuat lampu ini lebih hemat daya listrik. 

  • Lupa mencabut colokan yang tidak penting 

Meski terdengar sepele tetapi hal ini bisa fatal, jika dilakukan terus-terusan. Hal ini juga salah satu penyebab tagihan pembayaran listrik anda membengkak. Lupa mencabut colokan akan menyebabkan aliran arus listrik tetap mengalir. Hal ini akan membuat tagihan pembayaran listrik anda akan membengkak. Karena jika colokan tetap menempel di stop kontak aliran listrik akan tetap mengalir sia-sia. Lebih baik anda menggunakan colokan tersebut untuk mengecas laptop, handphone atau semacamnya.

  • Lupa mematikan TV saat tertidur 

Hal ini pasti sering sekali terjadi, lupa mematikan TV saat tertidur, ini akan membuat aliran listrik terus mengalir. Kebiasaan tidak mencabut saklar meskipun sudah tidak digunakan ini akan membuat tagihan pembayaran listrik Anda membengkak. karena saklar yang masih tertancap di stop kontak meskipun alat elektronik dalam keadaan mati,saklar tersebut tetap mengalirkan arus listrik. hal ini ini akan membuat tagihan pembayaran listrik Anda membengkak, maka dari itu sebelum tidur Anda harus mengecek terlebih dahulu. Apakah semua saklar sudah tercabut dari stop kontak agar pembayaran listrik anda tidak membengkak.

  • Rice cookers dan despenser menyala seharian 

Reskuker dan dispenser menyala seharian, hal ini akan membuat arus listrik terus mengalir. Maka dari itu akan membuat penambahan tagihan pembayaran listrik anda. Hal ini adalah salah satu penyebab membengkaknya tagihan listrik anda. Karena rice cookers dan dispenser zaman sekarang menyedot daya yang lumayan banyak. Hal ini akan membuat penambahan tagihan pembayaran listrik. Ada baiknya anda hanya menggunakan ricecooker saat anda ingin makan makanan hangat saja. Setelah itu Anda bisa mencabutnya untuk menghemat daya listrik.

  • Sering lupa bayar tagihan 

Hal Kalau diluar teknis yang dapat mempengaruhi membengkaknya pembayaran listrik, banyak orang yang sibuk hingga lupa membayar tagihan pembayaran listrik. Hal ini akan membebankan Anda pada tagihan di bulan berikutnya, semakin sering anda lupa membayar tagihan listrik titik semakin banyak denda yang dibebankan kepada anda. Maka dari itu jangan sampai lupa bayar tagihan listrik. Biasanya nya kejadian lupa membayar tagihan listrik ini, karena lokasi loket pembayaran listrik yang jauh atau karena kesibukan kan seseorang.

 Untuk Anda yang memiliki kesibukan yang tidak bisa datang ke loket. Anda bisa mempercayakan pembayaran listrik menggunakan simobiplus dari Bank Sinarmas. Anda cukup menginstal aplikasi simobiplus, setelah itu Anda bisa daftar akun jika anda tidak bisa datang ke cabang Bank Sinarmas terdekat. Anda dapat melakukan transaksi Via m-banking lewat aplikasi Simobi Plus. Hal ini akan mempermudah anda dalam pembayaran listrik bulanan anda. Dijamin tagihan listrik Anda tidak akan mahal.

Demikian adalah 5 hal yang membuat pembayaran listrik mahal, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *