Sunday, November 28, 2021
Home > BISNIS > Stimulasi dan Terus Optimalkan Tumbuh Kembang Emosi Ananda Dengan 3 Hal Berikut!

Stimulasi dan Terus Optimalkan Tumbuh Kembang Emosi Ananda Dengan 3 Hal Berikut!

stimulasi

Hallo Bunda, bagaimana kabarnya ananda? Wah, tidak terasa ya, kalau kini usia ananda telah memasuki tujuh tahun. Selamat ya! Namun demikian, tugas bunda belum usai, terus stimulasi dan optimalkan tumbuh kembang emosinya.

Berikut ini akan dibahas mengenai tiga langkah menstimulasi dan mengoptimalkan tumbuh kembang emosi ananda. 

3 Hal Untuk Tumbuh Kembang Emosi Yang Sehat

Emosi merupakan hal wajar yang dirasakan oleh setiap manusia. Keberadaannya tidak bisa dielakan begitu saja. Emosi bisa memberikan keberuntungan, juga bisa memberikan efek negatif alias kelemahan.

Hanya dengan tata kelola yang baik, emosi bisa memberikan banyak keuntungan. Tapi sayangnya, tidak banyak orang tua yang mampu mengoptimalkan tumbuh kembang emosi pada anaknya. Hal ini terjadi karena berbagai faktor. 

stimulasi
stimulasi

Untuk itu, bunda bisa membersamai tumbuh kembang emosi  ananda supaya tetap sehat dengan melakukan 3 stimulasi berikut.

Mulai berikan contoh tentang cara mengatur emosi yang baik.

Ajarkan ananda mengenai cara mengatur emosi yang baik. Tentunya dengan cara memberikan contoh kasus. Bicarakan dengan baik bagaimana langkah mengenali emosi yang berkecamuk.

Bagaimana rasa dari emosi bahagia, sedih, marah, kecewa dan sebagainya. ini merupakan pondasi utama. Setelah ananda paham dan mampu mengenalnya dengan baik. Maka bunda bisa masuk ke step berikutnya.

Pahami setiap permasalahan yang dihadapi oleh ananda melalui sudut pandangnya

Step selanjutnya adalah, bunda harus bisa memandang setiap permasalahan dari sudut pandang sang anak. Hindari memberikan respon yang berlebih saat ananda sedang bercerita mengenai permasalahan dan jenis emosi yang sedang dirasakan.

Ini penting, karena posisi bunda saat ini sedang menjadi mentor. Biarkan ananda mengalami dan berusaha menyelesaikan permasalahannya dengan baik sendiri.

Bantu tunjukkan cara menyalurkan emosi yang baik dan sesuai.

Terakhir, bantu ananda untuk bisa menyalurkan emosinya dengan baik dan sesuai. Ini penting, sebab bila ananda sampai salah menyalurkan emosi yang sedang dirasakan. Tentu akan berakibat fatal.

Seperti contohnya emosi marah. Tentunya menjadi sebuah hal yang sangat disayangkan apabila ananda sampai tidak bisa mengontrol rasa marahnya. Lalu melampiaskan rasa marah tersebut dengan tindakan negatif yang cenderung merusak.

Demikianlah tiga tahap yang bisa bunda lakukan demi terciptanya situasi yang kondusif dalam upaya mengoptimalkan stimulasi tumbuh kembang emosi yang sehat bagi ananda. Jangan lupa berikan Dancow, agar perkembangan otak anak semakin maksimal. Karena formula dalam susu ini, telah disusun dengan asupan yang pas untuk kebutuhan anak. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *